Dorong Inovasi Startup, LKST IPB University Adakan Legal Clinic dalam Program PRIME STeP

Dorong Inovasi Startup, LKST IPB University Adakan Legal Clinic dalam Program PRIME STeP

Dorong Inovasi Startup, LKST IPB University Adakan Legal Clinic dalam Program PRIME STeP
Berita

Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) IPB University gelar Coaching Legal Clinic Program Inkubasi Bisnis Promoting Research and Innovation through Modern and Efficient Science and Technopark (PRIME STeP). Kegiatan dilaksanakan di Ballroom Gedung Startup Center, Bogor pada 26/8.

Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi mengatakan akan berkomitmen dalam mendorong tumbuh berkembangnya startup melalui program inkubasi bisnis. Salah satunya melalui kegiatan sharing session Legal Clinic.

“Startup harus tepat kualitas, tepat regulasi, dan tepat waktu. Melalui Legal Clinic kali ini diharapkan dapat membantu startup memenuhi regulasi bisnis dan produknya, seperti pengurusan legalitas usaha dan izin edar produk,” ungkap Prof Erika.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Rieke Caroline, Founder Kontrak Hukum dan News Anchor for Business Program Metro TV. Ia menjelaskan terdapat beberapa level startup yang berbeda-beda, baik program inkubasi dan akselerasi.

“Level tersebut dapat menimbulkan isu-isu startup yang beragam, mulai dari negosiasi kepada investor, pengurusan PT dan izin edar produk. Ke depannya, materi legal dapat dimasukkan ke dalam kegiatan coaching dan mentoring sesuai kebutuhan startup,” tegasnya.

Rieke berharap LKST IPB University dapat mengarahkan startup untuk bisa dikaitkan dengan inovasi IPB University agar menjadi startup berbasis inovasi. Selama sesi coaching, ia menyampaikan history dari terbentuknya usaha Kontrak Hukum, materi legal dalam suatu bisnis berdasarkan study case dan diskusi secara langsung dengan peserta.

Sebanyak sembilan startup program PRIME STeP 2024 mendapatkan kesempatan coaching langsung bersama tim konsultan Kontrak Hukum membahas terkait aspek legal dan bisnis masing-masing startup. (Lp)