Departemen Fisika IPB University Beri Penguatan Kompetensi Fisika untuk Guru SMA/MA se-Belitung

Departemen Fisika IPB University Beri Penguatan Kompetensi Fisika untuk Guru SMA/MA se-Belitung

Departemen Fisika IPB University Beri Penguatan Kompetensi Fisika untuk Guru SMA MA se-Belitung
Berita

Departemen Fisika IPB University berkunjung ke Bangka Belitung dalam rangka kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema acara ‘Penguatan Kompetensi Fisika untuk Guru SMA/MA se-Belitung’. Kegiatan bertempat di SMAN 2 Tanjungpandan, Belitung.

Peserta kegiatan ini dihadiri oleh para guru fisika SMA/MA se-Belitung dan siswa SMAN 2 Tanjungpandan. Acara diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Departemen Fisika IPB University, Prof R Tony Ibnu Sumaryada WP.

“Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberi pengetahuan dan pengalaman baru baik untuk guru-guru fisika maupun siswa-siswi SMAN 2 Tanjungpandan,” ucapnya.

Dalam acara tersebut terdapat dua sesi kegiatan, yaitu materi dan praktikum beberapa eksperimen fisika. Pada sesi pertama diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Guru Besar Fisika IPB University, Prof Husin Alatas. Materi mencakup interaksi fundamental, gravitasi, dan problem pada pemahaman mengenai gravitasi: dimensi ekstra.

Materi kedua disampaikan oleh Dr Agus Kartono, dosen Fisika IPB university. Ia membahas mengenai pengukur percepatan gravitasi metode bandul/pendulum melalui praktik digital. Materi yang disampaikan dapat memperkuat kompetensi bagi guru fisika dan siswa-siswi SMAN 2 Tanjungpandan sehingga mempermudah dalam memahami pembelajaran fisika.

Sesi kedua diisi dengan beberapa eksperimen fisika untuk guru dan siswa secara langsung yang berkaitan dengan materi yang telah disampaikan. Terdapat tiga eksperimen yang dijelaskan dan dilakukan oleh para dosen Fisika IPB University. Dengan adanya eksperimen tersebut, diharapkan dapat memberikan pengalaman baru para guru dan siswa. (*/Rz)