Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Karangsong Tumbuhkan Karakter Anak Cerdas, Kreatif dan Inovatif

Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Karangsong Tumbuhkan Karakter Anak Cerdas, Kreatif dan Inovatif

Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Karangsong Tumbuhkan Karakter Anak Cerdas, Kreatif dan Inovatif
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University melaksanakan program Song-Berceria, atau Karangsong Berkarakter, Cerdas, Kreatif, dan Inovatif di SDN 02 Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

Program ini ditujukan untuk siswa sekolah dasar guna mengembangkan karakter yang cerdas, kreatif, inovatif, dan peduli lingkungan. Song-Berceria mencakup sosialisasi tentang pemilahan sampah, pelestarian lingkungan, serta praktik pemanfaatan sampah menjadi barang berguna kembali.

“Memang program ini juga menjadi bagian pembelajaran terhadap anak-anak dan penting untuk diberikan serta diterapkan. Kami selaku guru dan pengurus sekolah sangat mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa IPB University yang telah mengadakan program ini. Semoga ini menjadi langkah awal untuk membentuk karakter anak yang sadar akan kepedulian terhadap lingkungan”, ujar Habsah selaku Kepala SDN 02 Karangsong.

Menurut Alfiyanto Firdaus, anggota tim KKNT Inovasi, kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran lingkungan di area tersebut. Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University meluncurkan program ini untuk menanamkan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

“Program ini bertujuan membiasakan anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah, menjaga kebersihan lingkungan, dan menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle),” tutur Alfiyanto.

“Anak-anak di sini memang kebanyakan orang tuanya berprofesi sebagai nelayan, yang beberapa minggu atau bulan baru bisa kembali dan bertemu dengan keluarga. Sehingga, kurang diperhatikan oleh orang tuanya,” tambah guru SDN 02 Karangsong.

Selain itu, lanjut Alfiyanto, mahasiswa IPB University turut menyumbangkan tempat sampah dari botol bekas sebagai bagian dari kampanye peduli lingkungan. Tujuan lainnya adalah untuk mengajarkan anak-anak membuat karya dari barang bekas, sebagai upaya pengurangan dan daur ulang sampah. (*/Rz)