Bangun Generasi Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKNT IPB University Ajak Siswa Tanam Cemara dan Bersihkan Pantai

Bangun Generasi Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKNT IPB University Ajak Siswa Tanam Cemara dan Bersihkan Pantai

Bangun Generasi Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKNT IPB University Ajak Siswa Tanam Cemara dan Bersihkan Pantai
Student Insight

Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University melaksanakan program Gerakan Menanam Cemara (Genara) dan Coastal Clean Up yang dilaksanakan di Pantai Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Genara menjadi langkah awal untuk menjaga kelestarian lingkungan dan upaya untuk menggalakkan reboisasi serta penghijauan di sekitar Pantai Karangsong.

Kegiatan ini melibatkan siswa-siswi kelas 6 SDN 2 Karangsong. Handi Mian, Sekretaris Desa Karangsong menyampaikan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh desa. “Pantai Karangsong sendiri masih menjadi salah satu pantai wisata yang menawarkan keindahannya. Namun, kondisi pantai saat ini cukup gersang, sehingga penanaman cemara diharapkan dapat menjadi peneduh dan menambah estetika pantai,” ujarnya.

Selain itu Sofian, perwakilan dari Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Kecamatan Indramayu menyampaikan bahwa selama kegiatan berlangsung pihak Satpolair akan melakukan penjagaan dan pengawasan khususnya pada siswa-siswi SDN 2 Karangsong.

“Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kecamatan Indramayu telah menyediakan 50 bibit pohon cemara dan tempat sampah yang akan ditempatkan di berbagai titik sekitar Pantai Karangsong. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Alfiyanto Firdaus, mahasiswa KKNT Inovasi Desa Karangsong.

“Adanya aksi atau praktik secara langsung harapannya dapat membuat siswa-siswi sadar pentingnya lingkungan dimulai dari hal kecil seperti membuang sampah di tempatnya,” tutur Asep selaku wali kelas 6 SDN 2 Karangsong.

Siswa-siswi SDN 2 Karangsong mengungkapkan bahwa kegiatan belajar di luar sangat menyenangkan. Bersih-bersih pantai difokuskan pada pengambilan sampah anorganik yang dikumpulkan dalam trashbag. Agar tetap terawasi, 45 siswa dibagi menjadi 5 tim, masing-masing diawasi oleh satu anggota tim KKNT Inovasi IPB University Desa Karangsong. (*/Lp/Rz)