Aksi Nyata untuk Bumi Lebih Baik: Tim KKNT IPB University dan Warga Pangandaran Buat Go Green Festival 2024

Aksi Nyata untuk Bumi Lebih Baik: Tim KKNT IPB University dan Warga Pangandaran Buat Go Green Festival 2024

Aksi Nyata untuk Bumi Lebih Baik Tim KKNT IPB University dan Warga Pangandaran Buat Go Green Festival 2024
Student Insight

Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University berkolaborasi dengan Sekolah Alam Pangandaran mengadakan kegiatan Go Green Festival 2024 di Desa Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat. Acara Go Green Festival 2024 ini mengangkat tema Pangandaran ASRI (Aksi, Edukasi, dan Lestari). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar terkait pentingnya menjaga lingkungan.

Tim mahasiswa IPB University berkesempatan memberikan sosialisasi terkait pembuatan ekoenzim dari sampah organik. Sasaran dari sosialisasi ekoenzim ini yaitu para ibu rumah tangga dan petani di Desa Cimerak.

Angga Boy Lamus, mahasiswa KKNT Inovasi menerangkan, ekoenzim merupakan cairan multifungsi yang salah satunya dapat digunakan sebagai pupuk organik. Ia mengaku, pembuatan ekoenzim cukup mudah karena bahan baku yang digunakan yaitu limbah organik yang mudah dijumpai.

“Salah satu permasalahan yang dialami masyarakat itu ketersediaan pupuk yang masih terbatas. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk melakukan sosialisasi terkait pembuatan ekoenzim yang nantinya dapat digunakan sebagai pupuk organik oleh para petani. Mengingat pembuatan ekoenzim ini sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh para petani dengan skala rumahan,” kata Angga.

Ia melanjutkan, kehadiran ekoenzim ini diharapkan dapat menjadi pupuk alternatif bagi pertanian di Desa Cimerak. Dengan demikian, usaha pertanian masyarakat lebih berkualitas karena menggunakan pupuk organik. (*/ra/Rz)