Ajak Siswa Mencintai Alam, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Sekolah Alam di Desa Bendosari

Ajak Siswa Mencintai Alam, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Sekolah Alam di Desa Bendosari

Ajak Siswa Mencintai Alam, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Sekolah Alam di Desa Bendosari
Student Insight

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya mencintai lingkungan serta kreativitas anak sekolah dasar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University menggelar kegiatan Sekolah Alam di SDN 02 Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sekolah Alam merupakan salah satu bagian dari program mengajar di bidang pendidikan guna meningkatkan pengetahuan serta mengedukasi siswa-siswi tingkat sekolah dasar di Desa Bendosari.

Selama dua hari pelaksanaan Sekolah Alam, mahasiswa IPB University mengenalkan siswa tentang bertani sejak dini melalui sosialisasi dan demonstrasi secara langsung. Demonstrasi yang dilaksanakan mulai dari melukis pot tanaman hingga menanam tanaman hias di pot.

Ridwan Robbani, Koordinator Desa KKNT Inovasi menyatakan bahwa menanam tanaman hias dapat menjadi langkah awal yang sederhana bagi para siswa untuk belajar cara menanam serta merawat tanaman tersebut ke depannya.

“Tidak hanya bermain, para siswa SDN 02 Bendosari selalu antusias ketika ada mahasiswa KKNT Inovasi yang mengajar di sekolah, terutama di kegiatan Sekolah Alam ini karena kita langsung melakukan praktik bersama di lapangan,” ujar Ridwan.

Ridwan mengungkapkan, kegiatan hari pertama para siswa diberi kesempatan menuangkan kreativitasnya untuk menggambar di pot masing-masing. Hari kedua dilanjutkan dengan penanaman tanaman hias di dalam pot yang sudah digambar. Tanaman hias yang digunakan adalah gelombang cinta, anthurium, aglonema, dan calathea.

“Luaran kegiatan yang dihasilkan adalah pembuatan Pojok Taman di SD dari hasil penanaman tanaman hias oleh para siswa. Diharapkan kegiatan ini tidak hanya dapat mengasah kemampuan para siswa dalam berkebun tetapi juga dapat meningkatkan rasa cinta dengan lingkungan, mengingat Desa Bendosari ini memiliki potensi tinggi di masa depan dalam bidang perkebunan serta pertaniannya.” pungkas Ridwan. (*/Lp/Rz)