Tingkatkan Literasi Anak Desa, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Program ‘Gemilang’

Tingkatkan Literasi Anak Desa, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Program ‘Gemilang’

Tingkatkan Literasi Anak Desa, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Program ‘Gemilang’
Student Insight

Mahasiswa IPB University yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi di Desa Pasir Eurih, Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengadakan program Gemilang: Gerakan Mengajar Literasi Anak Bangsa. Kegiatan ini dilakukan untuk menyadarkan dan meningkatkan literasi anak bangsa.

Dalam program tersebut, mahasiswa IPB University mengajarkan public speaking dan bahasa Inggris bagi murid SD Negeri Pasir Eurih 02.

“Melihat kondisi kemampuan murid yang dimiliki, diperlukan intervensi untuk bisa meningkatkan kemampuan membaca, percaya diri dan berbahasa Inggris mereka. Atas alasan itu, kami mengusung program ini,” ujar Chika Amelia Suci, penanggung jawab program Gemilang.

Ia menjabarkan, kelompok mahasiswa dibagi ke dalam dua kelas, yaitu 4A dan 4B. Materi yang diberikan dimulai dari perkenalan diri, menanyakan kabar, sampai present participles.

“Kompetensi yang dimiliki oleh murid SDN Pasir Eurih 02 masih dapat dikembangkan secara lebih mendalam. Sebenarnya, mereka memiliki ketertarikan dalam pembelajaran bahasa Inggris. Rasa ingin tahu membuat mereka cepat mengikuti pembelajaran yang kami berikan,” jelasnya.

Pembelajaran dimulai menyanyikan bersama lagu ‘head shoulders knees and toes’ sebagai ice breaking. Setelahnya, mahasiswa mengajarkan cara penggunaan verb-ing dengan kegiatan yang dilakukan sehari-hari menggunakan gambar yang telah disediakan.

Selain belajar bahasa Inggris, murid SDN 02 Pasir Eurih juga telah diajarkan materi public speaking. Materi public speaking meliputi pidato, latihan public speaking, dan pembuatan ringkasan materi yang telah diajarkan.

“Tak hanya belajar teori dan latihan soal, mereka juga diberikan kesempatan untuk membuat pidato sendiri dan mempraktikkan pembacaan pidato di depan kelas sehingga melatih kemampuan public speaking mereka,” ucap Chika.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKNT Inovasi IPB University juga mengadakan pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dilakukan.

Chika mengatakan, “Program Gemilang ini diharapkan menjadi solusi untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan kepercayaan diri para murid SDN 02 Pasir Eurih sejak dini.”