Tim PKM IPB University Ciptakan JivaJoy, Aromaterapi Atasi Baby Blues pada Ibu Pasca Melahirkan

Tim PKM IPB University Ciptakan JivaJoy, Aromaterapi Atasi Baby Blues pada Ibu Pasca Melahirkan

Tim PKM IPB University Ciptakan JivaJoy, Aromaterapi Atasi Baby Blues pada Ibu Pasca Melahirkan
Student Insight

Mahasiswa IPB University meluncurkan produk inovatif bernama JivaJoy, produk aromaterapi 2 in 1 dalam bentuk roll on dan inhaler yang ditujukan untuk membantu ibu pasca melahirkan dalam mengatasi sindrom baby blues.

Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM K) menjadi wadah bagi tim JivaJoy untuk membuat aromaterapi 2 in 1 dengan menggunakan ekstrak kayu cendana dan daun kemangi.

Rangga Mahardika Nazarulloh, ketua tim PKM JivaJoy mengatakan, ia dan rekan mahasiswa lainnya menyadari permasalahan umum yang sering dialami oleh ibu pasca melahirkan, yakni sindrom baby blues. Sebab, survei menyebutkan bahwa 50-70 persen ibu di Indonesia alami baby blues, tertinggi ketiga di Asia.

Secara lengkap, produk JivaJoy dikembangkan oleh tim mahasiswa IPB University yang terdiri dari Rangga Mahardika Nazarulloh, Abdul Aziz Ramdani, Raden Roro Fatimah Azzahra, Restu Saputra, dan Marsya Halya Alfrida, di bawah bimbingan dosen ahli, Khoirul Aziz Husyairi.

Ia menerangkan, produk ini lahir dari proses penelitian dan uji coba yang mendalam, memastikan manfaat dan efektivitasnya dalam membantu ibu pasca melahirkan.

“JivaJoy hadir dengan kemasan yang praktis, menggabungkan fungsi roll on dan inhaler dalam satu produk. Aromaterapi ini mudah digunakan kapan saja dan di mana saja, memberikan kenyamanan bagi para ibu yang membutuhkannya,” ujar Rangga.

Dijelaskannya, ekstrak kayu cendana dan daun kemangi dipilih karena terbukti memiliki efek menenangkan, mampu mengurangi kecemasan, stres, dan insomnia yang sering dialami ibu pasca melahirkan.

“Kami memandang pasar potensial produk ini cukup luas, dengan target utama para ibu pasca melahirkan di wilayah Jawa Barat. JivaJoy diharapkan menjadi solusi efektif dan ekonomis dalam mengurangi gejala baby blues,” ungkap dia.

Selain itu, produk ini juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) poin ketiga mengenai kesehatan yang baik dan kesejahteraan, dengan fokus pada pengurangan kematian akibat depresi dan peningkatan kesehatan mental. JivaJoy dipasarkan dengan harga promo Rp29.999 per produk, menawarkan nilai yang sangat baik bagi para konsumen.

“Dengan hadirnya JivaJoy, diharapkan para ibu pasca melahirkan dapat lebih mudah mengatasi baby blues dan menjalani masa pemulihan dengan lebih baik. Produk ini tidak hanya menawarkan solusi praktis untuk kesehatan mental ibu, tetapi juga mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga secara keseluruhan,” tutur Zara, salah satu anggota tim JivaJoy. (zr/fr/Rz)*