Susuri Tiap Dusun, Tim PPK Ormawa Himakova IPB University Dengar Langsung Aspirasi Warga Wirajaya Wujudkan Low Carbon Tourism

Susuri Tiap Dusun, Tim PPK Ormawa Himakova IPB University Dengar Langsung Aspirasi Warga Wirajaya Wujudkan Low Carbon Tourism

Susuri Tiap Dusun, Tim PPK Ormawa Himakova IPB University Dengar Langsung Aspirasi Warga Wirajaya Wujudkan Low Carbon Tourism
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan (Himakova) IPB University mengadakan visitasi dalam rangka merangkul aspirasi dan keinginan masyarakat Desa Wirajaya, Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dalam mengembangkan desa wisata.

“Tim PPK Ormawa Himakova mengambil sebuah langkah besar dalam merangkul keinginan masyarakat Desa Wirajaya, Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat untuk menjadi wisata terdepan, dengan menawarkan program Low Carbon Tourism,” ungkap Fatin Hanifah, ketua tim PPK Ormawa.

Ia mengatakan, visitasi bukan hanya sekadar kunjungan, melainkan sebuah perjalanan dari hati ke hati untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat. Tim PPK Ormawa Himakova IPB University juga tidak hanya mengunjungi secara sporadis, tetapi melakukan visitasi menyeluruh ke setiap dusun, Rukun Warga (RW), dan Rukun Tetangga (RT) di Desa Wirajaya.

Sejumlah mahasiswa terbagi menjadi tiga tim untuk melakukan visitasi ke tiga dusun yang terdiri dari 5 RW dan 26 RT. Tim visitasi diarahkan langsung berinteraksi dengan masyarakat untuk menggali informasi yang spesifik serta mendalam dengan efisiensi tenaga dan waktu.

“Kami ingin menggali potensi dari Desa Wirajaya. Apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka melihat masa depan wisata, dan bagaimana kami dapat membantu masyarakat dalam mencapai tujuan tersebut,” ujar Fatin Hanifah, Ketua Tim PPK Ormawa Himakova.

Dr Eva Rachmawati, dosen pendamping tim Himakova menjelaskan bahwa aspirasi masyarakat merupakan faktor penting dalam pengembangan wisata di suatu kawasan. “Hal ini karena masyarakatlah yang akan menjadi pengelola dan pelaksana dari kegiatan wisata tersebut sehingga harus mengakomodasi kepentingan dan kebutuhan dari masyarakat tersebut,” sebutnya.

Kehadiran tim PPK Ormawa Himakova mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Oban selaku Ketua Dusun 1 menyambut baik rencana tim untuk melakukan peluncuran program Low Carbon Tourism. “Kami berharap rencana tersebut segera dilaksanakan sehingga Desa Wirajaya bisa semakin dikenal sebagai destinasi wisata,” ujarnya.

“Kami senang sekali dan berterima kasih jika ada mahasiswa yang datang, desa ini sepi karena banyak yang merantau dan jarang ada kegiatan. Apalagi ada rencana pembangunan wisata pasti bakal ramai dan saya siap membantu program kalian,” tambah Ibok selaku tokoh masyarakat.

Perangkat desa mengharapkan kedatangan tim PPK Ormawa dapat mengajak masyarakat untuk lebih aktif berkegiatan dan berkomitmen dalam menjaga momentum positif untuk mewujudkan Desa Wirajaya menjadi destinasi wisata yang terdepan dan berkelanjutan. (*/Rz)