Siap Bangun Desa Bersama Ormawa IPB University, Kepala DPMD Kabupaten Bogor: Tahun Depan Minimal 40 Desa

Siap Bangun Desa Bersama Ormawa IPB University, Kepala DPMD Kabupaten Bogor: Tahun Depan Minimal 40 Desa

Siap Bangun Desa Bersama Ormawa IPB University, Kepala DPMD Kabupaten Bogor Tahun Depan Minimal 40 Desa
Berita

Direktorat Kemahasiswaan IPB University menggelar lokakarya pengabdian dalam rangka memperkuat jaringan dukungan berbagai pihak dalam kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2024. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (8/7), bertempat di Ruang Sidang Senat Akademik, Kampus IPB Dramaga.

Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, SSos. Menurut dia, “Kegiatan ini sangat tepat dilakukan dengan mempertemukan kami dari pemerintah kabupaten dengan mahasiswa yang sedang melaksanakan program pengabdian PPK Ormawa di desa serta didampingi oleh bapak/ibu kepala desa maupun camat masing-masing.”

“Kami berkomitmen untuk membangun kemitraan lebih untuk perguruan tinggi di Bogor dalam mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat. Harapannya, tahun depan bisa lebih banyak lagi ormawa yang berkontribusi di desa, apabila bisa minimal 40 desa,” ujar Renaldi dalam sesi diskusi lokakarya.

Dr Ujang Suwarna menyampaikan, tujuan dari kegiatan lokakarya ini adalah untuk mewujudkan kegiatan PPK Ormawa yang bermanfaat bagi masyarakat dan desa melalui dukungan dan keterlibatan berbagai pihak baik perguruan tinggi dan pemerintah kabupaten.

“PPK Ormawa bukan sekadar kompetisi, melainkan juga pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Tunjukan keteladanan dan prinsip kemajuan dari perilaku teman-teman. Silakan belajar dari berbagai sumber, memanfaatkan sumber daya yang ada dan berikan dampak ke masyarakat,” pesan Prof Ernan Rustiadi selaku Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim.

Kegiatan ini diikuti oleh camat, kepala desa mitra PPK Ormawa, dosen pembina pengabdian, dosen pendamping PPK Ormawa, dan seluruh tim mahasiswa tahun 2024. (*/Rz)