Serba Futuristik, Himiteka IPB University Kunjungi Kapal Riset Laut Canggih yang Sedang Berlabuh di Jakarta

Serba Futuristik, Himiteka IPB University Kunjungi Kapal Riset Laut Canggih yang Sedang Berlabuh di Jakarta

Serba Futuristik, Himiteka IPB University Kunjungi Kapal Riset Laut Canggih yang Sedang Berlabuh di Jakarta
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University mendapatkan kesempatan langka untuk mengunjungi OceanXplorer yang sedang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 11/7.

OceanXplorer merupakan kapal riset, eksplorasi dan produksi media tercanggih di dunia yang dioperasikan oleh OceanX, sebuah organisasi nirlaba eksplorasi laut global. Kunjungan ini diikuti oleh 10 mahasiswa dan disambut oleh Science Program Associate, Kailani Acosta Ph.D.

Ketua Himiteka mengatakan bahwa bersandarnya kapal OceanXplore di Jakarta merupakan kesempatan luar biasa karena penting bagi mahasiswa untuk mengikuti perkembangan teknologi dan riset.

“Kami sangat antusias karena kunjungan ini merupakan pengalaman yang sangat berharga untuk mengenal kapal riset yang dilengkapi dengan berbagai teknologi mutakhir untuk eksplorasi laut dalam,” ungkap Hazel, Ketua Himiteka.

Kailani Ph.D memimpin jalannya tur dua kapal selam yakni Nadir dan Neptune. “Kapal selam ini dapat mencapai 1000 meter di bawah permukaan laut, mengambil objek penelitian dengan lengannya dan kamera secara real-time dapat menunjukkan kondisi laut dalam ke internet,” ujarnya.

Mahasiswa IPB University juga diajak ke laboratorium basah, laboratorium kering, pusat pengendali robot bawah air (ROV), ruang kontrol sonar, hingga bridge pusat pengendalian kapal riset.

Valarie Warner, Science and Information Technology Officer mengatakan bahwa selama ekspedisi, Indonesia memiliki banyak sekali spesies yang menarik. “Penting sekali bagi masyarakat umum untuk dapat mengetahui hal-hal menarik dalam sains agar meningkatkan rasa ingin tahu dan eksplorasi laut luas nan dalam,” jelasnya.

Bekerja sama dengan Kemenkomarves, Sekretaris Deputi 2 Bidang Koordinasi Sumberdaya Maritim Dr Aniza Puspita mendukung kegiatan visitasi Himiteka IPB University ke kapal riset OceanX. “Sudah tugas Kemenkomarves memfasilitasi generasi muda bisa belajar lebih banyak,” imbuhnya. (*/Lp)