Sekolah Pascasarjana IPB University Sampaikan Hasil Perkuliahan Bahasa Indonesia dan Serah Terima Mahasiswa Internasional

Sekolah Pascasarjana IPB University Sampaikan Hasil Perkuliahan Bahasa Indonesia dan Serah Terima Mahasiswa Internasional

Sekolah Pascasarjana IPB University Sampaikan Hasil Perkuliahan Bahasa Indonesia dan Serah Terima Mahasiswa Internasional
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan kegiatan penyampaian hasil perkuliahan Bahasa Indonesia untuk mahasiswa internasional dari program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) sekaligus serah terima mahasiswa internasional program KNB dari SPs IPB University ke program studi (prodi) di Kampus Dramaga, IPB University (24/6).

Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Dekan SPs IPB University dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penyampaian hasil perkuliahan Bahasa Indonesia untuk mahasiswa internasional program KNB.

“Selamat kepada mahasiswa program KNB yang akan masuk perkuliahan di Prodi. Nantinya sebagian perkuliahan akan dilakukan dalam Bahasa Indonesia, sehingga sangat penting mahasiswa program KNB ini lancar dalam berbahasa Indonesia untuk mengikuti studi di prodi yang dituju,” ujarnya.

Sementara itu, Dr Defina, dosen koordinator kelas Bahasa Indonesia menyampaikan bahwa mahasiswa program KNB sudah menyelesaikan perkuliahan Bahasa Indonesia dengan lancar dan sudah mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

“UKBI ini diberikan kepada mahasiswa asing untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesia dan hasil ini akan menjadi pedoman bagi SPs IPB University untuk mengetahui level mereka. Berdasarkan peraturan undang-undang, mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia minimal harus memiliki level 5 atau predikat Semenjana (skor 405-481) untuk bisa mengikuti perkuliahan dalam bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Dr Defina menambahkan, target mahasiswa program KNB dalam ujian UKBI ini dapat meraih nilai predikat Semenjana. Predikat tersebut menunjukkan bahwa peserta UKBI cukup memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia, baik secara lisan maupun tulis.

“Hasil dari UKBI, mahasiswa program KNB ini mendapatkan nilai dengan predikat Semenjana dan bahkan ada yang mendapatkan nilai dengan predikat Madya (482-577). Hasil ini tentunya sangat bagus dan harapan kami mahasiswa program KNB ini dapat mengikuti perkuliahan di Prodi dengan lancar,” tambahnya.

Sementara itu, Fatmasari Siregar, MM Kepala Sub Bagian Humas, Kerja Sama dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) SPs IPB University mengatakan bahwa saat ini sebanyak 9 mahasiswa penerima beasiswa KNB tahun 2023 di SPs IPB University yang berasal dari 8 negara diantaranya dari Rwanda, Uganda, Yemen, Afghanistan, Kepulauan Solomon, Sudan dan Syria.

“Mahasiswa internasional dari program KNB pada tahun pertama wajib mengikuti program bahasa Indonesia sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan di SPs IPB University dan pada tahun kedua diberikan program pengelana budaya Indonesia,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa pengenalan budaya Indonesia sangat penting agar mereka memahami budaya-budaya yang ada di Indonesia, sehingga dapat menjadi media promosi budaya Indonesia di ranah internasional.

“Selain itu harapannya, mahasiswa internasional dari program KNB ini dapat berkontribusi pada dinamika positif serta interaksi lintas budaya antara komunitas akademisi Indonesia dan mahasiswa internasional,” ujarnya. (HBL/Lp)