Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Pelatihan Pengembangan Website di Lingkungan Prodi Multidisiplin

Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Pelatihan Pengembangan Website di Lingkungan Prodi Multidisiplin

Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Pelatihan Pengembangan Website di Lingkungan Prodi Multidisiplin
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan pelatihan pengembangan website di lingkungan SPs, terutama untuk program studi (prodi) multidisiplin. Kegiatan menghadirkan narasumber Asep Denda Is Purwanto, Muhammadi Jaka Utama, SKomp, Teguh Adi Setia, AMd dari Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD) IPB University pada (28/6) di Bogor.

Rudi Irawan, SP, MSi selaku Kepala Tata Usaha (KTU) SPs IPB University menekankan pentingnya website sebagai saluran informasi untuk mahasiswa dan juga calon mahasiswa. “Kebutuhan pengelolaan website ini sangat penting, kami ingin para tenaga kependidikan (tendik) SPs memiliki kemampuan dalam mengelola website. Oleh karena itu, SPs IPB University mengadakan pelatihan ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini prodi multidisiplin di SPs IPB University sudah memiliki website masing-masing. Selain itu, website untuk beberapa program unggulan prodi juga sudah tersedia, seperti untuk International Seminar on Resources and Environmental Management (ISENREM) dan International Summer Course of Natural Resources Environmental Management Science (ISCoNREM).

“Kemampuan tendik dalam mengelola website ini akan memberikan dampak yang sangat penting, terutama informasi-informasi terbaru di prodi, sehingga kami harapkan tendik di prodi multidisiplin dapat serius dalam mengikuti pelatihan ini,” tambahnya

Sementara itu, Asep Denda Is Purwanto menyampaikan bahwa beberapa website di lingkungan SPs IPB memiliki tampilan yang masih belum sesuai standar, seperti header, logo, menu, template serta format tampilan dan navigasi menunya.

“Pengembangan website terbaru dan sesuai template yang sudah diberikan IPB University ini sangat penting, selain untuk keterbaruan konten juga untuk keamanan website itu sendiri,” imbuhnya.

Denda menambahkan, pencarian informasi banyak dilakukan melalui website. Karena itu, pengembangan website juga penting agar lebih profesional dan terstruktur, serta lebih banyak informasi yang dapat ditampilkan.

“Website di server IPB University ini memiliki domain resmi ipb.ac.id, mendapatkan fasilitas Secure Sockets Layer (SSL), serta maintenance dan keamanan website didampingi oleh tim LMITD,” tambahnya. (HBL/Rz)