Sejumlah 2.300 Mahasiswa Baru IPB University Mulai Tempati Asrama

Sejumlah 2.300 Mahasiswa Baru IPB University Mulai Tempati Asrama

Sejumlah 2.300 Mahasiswa Baru IPB University Mulai Tempati Asrama
Berita

Mulai tanggal 27 Juli 2024, sebanyak 2.300 mahasiswa IPB angkatan 61 ‘Narapati Bimantara’ akan resmi menjadi ‘Insan Asrama’. Insan asrama adalah sebutan mahasiswa yang tinggal di asrama IPB University.

Unit Pengelola Asrama Mahasiswa IPB University (UPAMI) yang diberikan mandat untuk mengelola asrama mahasiswa, telah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kenyamanan dan keamanan insan asrama.

Kepala UPAMI, Dr Suratni menerangkan, kedatangan mahasiswa baru di Asrama Mahasiswa IPB University telah dibekali dengan berbagai edukasi. Hal itu meliputi tata kelola asrama, pengenalan lingkungan asrama guna beradaptasi dengan cepat, memahami keberagaman, membangun solidaritas kekeluargaan, dan saling peduli dibarengi dengan aksi. Tak hanya itu, mereka juga mendapat penataan pakta integritas penghuni asrama.

“Kehidupan di asrama juga mengajarkan nilai-nilai seperti kemandirian, tanggung jawab, dan kerja sama. Mahasiswa belajar untuk hidup mandiri jauh dari keluarga dan mengelola segala kebutuhan mereka sendiri,” kata Dr Suratni.

Mahasiswa baru IPB University yang tinggal di asrama berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang dari Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Lampung, Nanggroe Aceh Darussalam, Nusa Tenggara Barat, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Sumatera Utara.

Dengan keberagaman tersebut, hidup di asrama memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dan belajar tentang berbagai budaya, sekaligus memperkaya pengalaman dan wawasan mereka.

Kegiatan check in (kedatangan mahasiswa) ke asrama merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh UPAMI. Kegiatan check in tahun akademik 2024/2025 dibagi menjadi dua, yaitu Check In Mahasiswa Tingkat I dan Check In Mahasiswa Tingkat II. Dilaksanakan pada mulai tanggal 27 Juli sampai dengan tanggal 3 Agustus 2024.

Untuk memudahkan pengaturan mobilisasi, kedatangan mahasiswa dilakukan per gedung atau per cluster. Cluster pertama tanggal 27 Juli 2024 untuk Asrama Putra; 28 Juli 2024 Gedung Asrama A1 dan A2; 29 Juli 2024 Gedung Asrama A4 dan A5.

Adapun tanggal 30 Juli dialokasikan untuk check in susulan Gedung A5, Gedung A6 dan C4. Cluster kedua tanggal 31 Juli untuk Gedung A1 dan C1, Cluster ketiga 1 Agustus 2023 untuk Gedung A3 dan C2, dan Cluster keempat untuk Gedung A3 dan C3. (*/Rz)