Rayakan Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Lomba Antarsekolah

Rayakan Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Lomba Antarsekolah

Rayakan Hari Anak Nasional, Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Gelar Lomba Antarsekolah
Student Insight

Suasana peringatan Hari Anak Nasional tahun 2024 terasa meriah di Balai Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Perayaan tersebut diramaikan oleh kehadiran anak-anak siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1, 2, 3, 4, dan 5 Cibenda.

Perayaan ini menjadi salah satu program kerja yang diusung oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap anak-anak di Desa Cibenda. Kegiatan yang bertajuk ‘Lomba Antarsekolah dalam rangka Memperingati Hari Anak Nasional’ ini disambut baik oleh Kepala Desa Cibenda, Dede Rusliana.

Kompetisi ini terbagi menjadi tiga cabang lomba, yakni pidato, baca puisi, dan menyanyi. Mahasiswa KKNT Inovasi juga menggandeng mahasiswa KKN Universitas Katolik Parahyangan sebagai juri perlombaan. Mereka berdampingan dengan para tokoh masyarakat untuk menjadi juri.

Koordinator KKNT Inovasi Desa Cibenda, M Rizky Satriatama Waiso, menuturkan, “Acara perlombaan ini kami rancang sebagai salah satu wujud pembentukan karakter siswa Cibenda yang lebih berani dan berprestasi.”

Para guru sekolah dasar Desa Cibenda menunjukkan inisiatif yang tinggi untuk melibatkan peserta didiknya dalam kegiatan ini. Selama berlangsungnya kegiatan, tiap sekolah dasar saling berkompetisi unjuk prestasi dengan tetap menjaga sportivitas. Aura keceriaan dan semangat menguar dari tiap peserta lomba dan suporter yang turut hadir meramaikan suasana.

Suksesnya perayaan Hari Anak Nasional 2024 di Desa Cibenda menjadi bukti bahwa anak-anak dan perangkat sekolah Cibenda memiliki semangat dan jiwa kompetitif untuk saling menorehkan prestasi. Meskipun hanya berlangsung dalam satu hari, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi cikal bakal munculnya jiwa prestatif dalam diri tiap siswa-siswi Cibenda. (*/Rz)