PPK Ormawa Himasilkan IPB University Hadirkan Inovasi Produk Olahan Ikan di Desa Mekarsari

PPK Ormawa Himasilkan IPB University Hadirkan Inovasi Produk Olahan Ikan di Desa Mekarsari

PPK Ormawa Himasilkan IPB University Hadirkan Inovasi Produk Olahan Ikan di Desa Mekarsari
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa), Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar demonstrasi pengolahan produk untuk mendukung program desa wirausaha melalui inovasi produk berkualitas. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Rabu (24/7) dan Kamis (25/7) di Desa Mekarsari, Bogor, Jawa Barat.

Demonstrasi pembuatan produk dihadiri oleh kelompok wanita tani (KWT), pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), dan ibu-ibu Desa Mekarsari dari beberapa RW. Demonstrasi diversifikasi produk ikan lele menjadi produk gohyong, tortilla chips, dan crispy skin diharapkan bisa menjadi produk unggulan di Desa Mekarsari.

Supriyati selaku anggota KWT menyampaikan, “Sangat senang dengan adanya kegiatan demonstrasi ini. Nanti pastinya bisa langsung dipraktikkan dan produk ini bisa dijadikan pemberian makanan tambahan (PMT) di posyandu.”

Tanggapan positif juga disampaikan Purwati. ”Sebelumnya belum pernah bikin gohyong dan baru dengar namanya. Setelah dipraktikkan, ternyata gampang dan bisa dibuat di rumah,” ungkap anggota KWT Desa Mekarsari ini.

Aisyah Sholihat selaku Ketua PKK Desa Mekarsari menyampaikan, “Terima kasih telah mengadakan kegiatan demonstrasi pembuatan produk. Kami berharap ilmu yang diberikan hari ini dapat dipraktikkan secara langsung dan memberi dampak positif untuk Desa Mekarsari ke depannya.”

Perwakilan tim PPK Ormawa Himasilkan, Qori Jihan Atiqah mengatakan, produk yang dihasilkan diharapkan dapat dipasarkan secara berkelanjutan, membantu masyarakat dalam berwirausaha, dan meningkatkan kesejahteraan desa.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu masyarakat Desa Mekarsari dalam menambah inovasi produk untuk berwirausaha, sehingga produk yang dipasarkan lebih bervariasi dan menarik konsumen,” ucapnya. (*/Rz)