Menuju Desa Sehat: Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi di Desa Sukaharja

Menuju Desa Sehat: Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi di Desa Sukaharja

Menuju Desa Sehat Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi di Desa Sukaharja
Student Insight

Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, menjadi saksi awal perjalanan inspiratif tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagizi) IPB University dalam membangun lingkungan yang nyaman, bersih, dan sehat.

Pada Minggu (23/6), Aula Kantor Desa Sukaharja dipenuhi antusiasme warga. Pasalnya, Himagizi IPB University melakukan sosialisasi perdana program inovatif ‘Rumah Gizi’ yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat desa.

Program ini bertujuan menyulap Desa Sukaharja menjadi contoh desa sehat melalui berbagai inisiatif pemberdayaan masyarakat, termasuk pendidikan kesehatan, perbaikan kualitas lingkungan, dan penurunan angka kelaparan. Melalui program Rumah Gizi, tim PPK Ormawa juga menargetkan kepada para kader kesehatan agar aktif sebagai penggerak masyarakat.

Rumah Gizi menjadi motor penggerak program ini, dengan sejumlah subprogram seperti pelatihan kader posyandu sebagai bentuk pencegahan stunting, pembentukan komunitas Sadar Sehat, konsultasi gizi mengenai penyakit tidak menular (PTM), pemanfaatan budi daya ikan nila sebagai inovasi pengembangan produk MPASI, serta pembentukan Pekarangan Pangan Lestari dan Apotek Herbal Sehat (Peri Hebat).

Muhammad Aries, SP, MSi, Komisi Kemahasiswaan Himagizi IPB University, menegaskan bahwa fokus utama PPK Ormawa di Desa Sukaharja adalah mengatasi masalah kesehatan dan sanitasi lingkungan. “Kami berharap dapat mengoptimalkan kesehatan masyarakat di Desa Sukaharja melalui program ini,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Tim PPK Ormawa Himagizi, Almira Qatrunnada, menambahkan, “Kami berharap Desa Sukaharja menjadi desa yang nyaman, bersih, dan sehat, sehingga masyarakat terhindar dari penyakit seperti PTM dan prevalensi stunting dapat ditekan.”

Partisipasi masyarakat juga terlihat dalam sosialisasi ini. Yani, salah satu kader posyandu, menyampaikan, “Kegiatan ini menambah wawasan kami tentang permasalahan gizi. Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan tim PPK Ormawa Himagizi IPB University untuk mengembangkan Desa Sukaharja menjadi desa sehat.”

Program ini sejalan dengan beberapa poin Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu poin 2: Desa tanpa kelaparan, poin 3: Desa sehat dan Sejahtera, dan poin 15: Desa peduli lingkungan darat. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Desa Sukaharja bersiap untuk menjadi teladan dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan sejahtera. (*/Rz)