Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Aksi Edukasi Sampah di Desa Sukajadi

Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Aksi Edukasi Sampah di Desa Sukajadi

Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Aksi Edukasi Sampah di Desa Sukajadi
Student Insight

Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IPB University telah melakukan langkah proaktif dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Aksi ini dilakukan dengan membuat dan memasang spanduk edukasi di sekitar wilayah Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang bertujuan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program “Suka Jadi Bersih”. Kegiatan ini berangkat dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga diperlukan edukasi yang menarik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan masalah lingkungan terkait sampah sehingga masyarakat menjadi lebih sadar akan kontribusi mereka dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Salah satu tujuan utama kami melakukan kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kami berharap spanduk edukasi ini bisa menjadi pengingat dan motivasi bagi warga Desa Sukajadi untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” ujar Windi Gunawan, selaku koordinator desa.

Ia mengatakan, spanduk berukuran besar tersebut dipasang di sembilan titik strategis di wilayah RW 08 Desa Sukajadi yang ramai dilalui warga sehari-hari, di balai desa, dan di daerah selokan yang biasa digunakan warga untuk membuang sampah.

“Spanduk tersebut berisi informasi mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan himbauan agar tidak membuang sampah ke selokan. Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah desa yang peduli terhadap isu lingkungan sehingga mahasiswa dapat melaksanakan program dengan lebih optimal yang berfokus pada isu lingkungan,” ungkap Windi.

Adi selaku Ketua RW 08, menyampaikan apresiasinya terhadap usaha para mahasiswa KKNT IPB University. “Sebelumnya mungkin masyarakat belum memiliki kesadaran akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga mereka sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan lingkungan sekitar menjadi lebih tertata,” ujarnya.

Masyarakat setempat merespons positif. Alta, salah satu tokoh masyarakat, mengatakan, “Kegiatan ini sangat membantu melatih disiplin, karena banyak warga yang masih membuang sampah sembarangan. Kampanye ini mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, yang sangat bermanfaat bagi kami.”

Alta mengatakan, inisiatif mahasiswa KKNT IPB University ini menjadi langkah nyata peran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selain meningkatkan kesadaran masyarakat, kegiatan ini juga salah satu langkah proaktif dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di sekitar RW 08 Desa Sukajadi. (*/Lp)