Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Sosialisasikan Pemilahan Sampah bagi Warga Desa Tamansari, Bogor

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Sosialisasikan Pemilahan Sampah bagi Warga Desa Tamansari, Bogor

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Sosialisasikan Pemilahan Sampah bagi Warga Desa Tamansari, Bogor
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB Universitas memberikan sosialisasi pemilahan sampah di Kampung Calobak, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (23/7). Kegiatan sosialisasi ini diikuti dengan antusias oleh warga Desa Tamansari yang berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Reni Jesika, perwakilan tim KKNT Inovasi IPB University di Desa Tamansari menerangkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu rangkaian Program Bersih Desa Tamansari yang menjadi bagian dari Misi Hijau KKNT Inovasi IPB 2024. Misi hijau ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

“Misi Hijau KKNT Inovasi IPB 2024 di Desa Tamansari diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan. Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah desa, Desa Tamansari berkomitmen untuk terus melanjutkan program pemilahan sampah ini secara berkelanjutan,” kata Reni Jesika, mahasiswa IPB University dari Fakultas Pertanian ini.

Dalam sosialisasi tersebut, ia dan tim menjelaskan cara-cara pemilahan sampah organik dan anorganik. Para mahasiswa IPB University juga menerangkan tentang pentingnya daur ulang untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan contoh-contoh praktis serta membagikan tempat sampah terpisah kepada setiap rumah tangga di desa tersebut.

Ketua RW 08 Desa Tamansari, Junaedi, menerangkan, “Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan pemilahan sampah yang baik, kita tidak hanya menjaga lingkungan tetapi juga kesehatan kita bersama.”

Sementara, Mia, salah satu warga mengatakan, “Sosialisasi ini sangat bermanfaat. Kami jadi lebih tahu bagaimana cara memisahkan sampah dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. (*/ra/Rz)