Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buka Donasi Peduli Kebakaran Sidamulya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buka Donasi Peduli Kebakaran Sidamulya

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Buka Donasi Peduli Kebakaran Sidamulya
Student Insight

Pada 25 Juni 2024 tepatnya pukul 10.00 WIB, dua rumah di Desa Sidamulya, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah ludes terbakar. Sementara satu rumah yang berdekatan dengan lokasi kebakaran terbakar sebagian. Insiden tersebut terjadi di RT 06/RW 01 Desa Sidamulya.

Menurut radartegal.com total kerugian mencapai Rp500 juta yang meliputi dua rumah dan perabotan, termasuk 5 ton gabah atau padi kering juga habis terbakar.

Kabar pilu tersebut membuat hati mahasiswa IPB University yang tengah menjalani program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi di wilayah tersebut, tergerak untuk melakukan open donasi kepada segenap warga di Kecamatan Warureja.

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Kendayakan yang terdiri dari Dewi Sukma Inderawati, Adiba Fairuz Syakira, Novan Renno Syahputra, Fadhlurrahman Habibi, Dinda Anggraini, Dearlyn Merry Christine T, Reza Putri Yuliana R, dan Aurellia Farrelyn Putri turut serta membantu dengan turun lapang menggelar open donasi.

Turun lapang dilakukan di tiga dukuh berbeda, yaitu Dukuh Kendayakan, Dukuh Kebandingan, dan Dukuh Bandung. Kegiatan ini juga didukung oleh perangkat desa yang ikut untuk membantu proses open donasi di lapang.

“Masyarakat Desa Kendayakan sangat antusias untuk membantu proses open donasi ini, sehingga didapatkan hasil donasi sebesar Rp472.000 dari Dukuh Kendayakan), Rp430.000 dari Dukuh Kebandingan dan Rp882.500 dari Dukuh Bandung. Total donasi yang didapatkan di Desa Kendayakan sebesar Rp1.784.500,” papar Dewi Sukma.

Dewi menuturkan, jumlah donasi tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat Desa Kendayakan memiliki rasa kepedulian yang tinggi. Donasi yang dilakukan juga sebagai alat untuk menyebarkan informasi bencana kebakaran di Desa Sidamulya.

“Ketika beberapa mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Desa Kendayakan melakukan open donasi secara door-to-door, masyarakat desa ini masih belum mengetahui informasi kebakaran yang terjadi di Desa Sidamulya,” ungkapnya.

Total donasi yang didapat disalurkan langsung disalurkan ke masyarakat yang terkena bencana kebakaran di Desa Sidamulya. (*/Rz)