Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Percontohan Hidroponik di Desa Terbanggi Besar

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Percontohan Hidroponik di Desa Terbanggi Besar

Mahasiswa KKNT Inovasi IPB University Adakan Percontohan Hidroponik di Desa Terbanggi Besar
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi (KKNT) dari IPB University mengadakan kegiatan percontohan hidroponik di Desa Terbanggi Besar, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Kegiatan ini dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Terbanggi Besar, Heri Triyatmanto SP, Ketua RT 001 RW 005, Suroto, dan Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Mulya Bersama, Marsuti bersama anggota.

Hidroponik merupakan metode budi daya tanaman yang memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Inisiatif ini bertujuan untuk mengenalkan sistem pertanian yang unggul dengan mendorong adopsi teknologi pertanian modern yang efisien dan berkelanjutan, serta memberikan hasil maksimal dengan risiko hama dan penyakit yang minimal.

Menurut Koordinator Desa Kelompok KKNT Inovasi IPB University Desa Terbanggi Besar, M Zulham Azhar Maghfirah, “Ide percontohan hidroponik ini muncul karena kurangnya penyerapan inovasi teknologi di bidang pertanian terutama sayuran di Kampung Terbanggi Besar.”

Metode hidroponik yang diperkenalkan adalah Nutrient Film Technique (NFT), yang lebih hemat dalam penggunaan air dan nutrisi. Tanaman mendapatkan nutrisi melalui akar yang diserap dari sumbu. Alat dan bahan yang digunakan meliputi rockwool sebagai media tanam, kain flanel sebagai sumbu, net pot, air, pipa air, pompa, bibit, dan AB mix sebagai nutrisi tanaman.

“Dengan percontohan hidroponik ini, diharapkan warga Desa Terbanggi Besar dapat termotivasi untuk melakukan budi daya tanaman hidroponik sendiri dan mengembangkannya menjadi usaha yang menghasilkan,” jelasnya.

PPL Desa Terbanggi Besar mewakili peserta kegiatan mengucapkan terima kasih kepada kelompok KKNT Inovasi IPB University atas pendampingannya. “Mudah-mudahan ini semua akan memberikan manfaat untuk KWT Mulya Bersama di Kampung Terbanggi Besar ini,” tutup Heri. (*/Rz)