Mahasiswa KKNT Inovasi Ajak Siswa SDN Cihideung Udik 04 Karya Wisata ke ATP IPB University

Mahasiswa KKNT Inovasi Ajak Siswa SDN Cihideung Udik 04 Karya Wisata ke ATP IPB University

Mahasiswa KKNT Inovasi Ajak Siswa SDN Cihideung Udik 04 Karya Wisata ke ATP IPB University
Student Insight

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University yang ditempatkan di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, Bogor, Jawa Barat menggelar program pendidikan lingkungan dengan nama ‘Pekan Sadar Lingkungan’. Program tersebut ditujukan bagi siswa SDN Cihideung Udik 04.

Menggunakan pendekatan kurikuler, program ini dilakukan secara formal yang diintegrasikan menggunakan kurikulum mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Disebutkan Haris Akbar Hidayat, salah satu anggota tim KKNT Inovasi, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kesadaran mengenai lingkungan hidup di sekitar dengan metode pembelajaran yang menyenangkan.

“Metode pembelajaran dalam kegiatan ini dilakukan dengan ceramah plus, karya wisata/visit, demonstrasi, dan beregu. Adapun materi yang akan diajarkan, yaitu tentang ekosistem di lingkungan sekitar dan sampah,” jelasnya.

Materi pertama menjelaskan tentang harmoni dalam ekosistem di lingkungan sekitar yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik, bentang alam (sungai, sawah, dan kebun), interaksi makhluk hidup serta bencana alam.

“Materi kedua tentang pemanfaatan sampah, mencakup definisi sampah, asal sampah, jenis sampah, dan pemanfaatan sampah. Kemudian program ini diakhiri dengan karya wisata ke Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University,” urainya.

Widi selaku wali kelas 5 SDN Cihideung Udik 04 sangat mendukung adanya kegiatan yang dilakukan di awal tahun ajaran baru ini.

“Pekan Sadar Lingkungan merupakan program yang dapat dijadikan pengayaan yang baik bagi anak-anak yang baru naik kelas dari kelas 4 ke kelas 5. Setidaknya ini dapat dijadikan representatif kurikulum Merdeka,” ucapnya. (*/Rz)