Mahasiswa IPB University Paparkan Enam Program KKNT Inovasi di Desa Kluwut

Mahasiswa IPB University Paparkan Enam Program KKNT Inovasi di Desa Kluwut

Mahasiswa IPB University Paparkan Enam Program KKNT Inovasi di Desa Kluwut
Student Insight

Mahasiswa IPB University menggelar lokakarya untuk memperkenalkan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi kepada masyarakat Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Brebes, Jawa Tengah. Selama melaksanakan KKNT Inovasi, mahasiswa menyuguhkan enam program kerja unggulan untuk Desa Kluwut.

Bertempat di Kantor Desa Kluwut, acara dihadiri oleh Penjabat sementara (Pjs) Kepala Desa Kluwut, perangkat desa, bintara pembina desa (Babinsa), ibu-ibu program pemberdayaan keluarga (PKK), anggota karang taruna, ketua RT, ketua RW, dan badan permusyawaratan desa (BPD). Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tengah KKN, turut hadir dalam lokakarya ini.

“Kegiatan lokakarya ini menyuguhkan rancangan permasalahan dan potensi desa. Program kerja yang disusun berdasarkan hasil survei langsung ke lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa IPB University dari berbagai fakultas yang berbeda,” ujar Reifahren Ceca Nurinda, anggota tim KKNT Inovasi.

Pada kegiatan ini, mahasiswa IPB University memaparkan enam program unggulan yang akan dilaksanakan selama melakukan KKNT Inovasi di Desa Kluwut. Program tersebut adalah Pembuatan Profil Desa, Kluwut Ramah Anak, Keluarga Cerdas dan Sehat, Senam Ibu Cantik, Pelatihan Digital Marketing untuk Kemandirian UMKM, dan Gerakan Masyarakat Anti Plastik.

Menurut Ceca, program ini telah dirancang berdasarkan pengamatan dan survei ke berbagai pihak desa terkait selama satu pekan penuh. Program ini, kata dia, mendapatkan respon positif dari perangkat desa yang menilai bahwa enam program tersebut diharapkan mampu menjadikan Desa Kluwut menjadi lebih baik. (*/Rz)