Mahasiswa IPB University Berikan Rekreasi Bermakna untuk Anak, Lansia dan Disabilitas di Bogor dan Sukabumi

Mahasiswa IPB University Berikan Rekreasi Bermakna untuk Anak, Lansia dan Disabilitas di Bogor dan Sukabumi

Mahasiswa IPB University Berikan Rekreasi Bermakna untuk Anak, Lansia dan Disabilitas di Bogor dan Sukabumi
Student Insight

Mahasiswa Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University berhasil mengimplementasikan proyek akhir Mata Kuliah Rekreasi Anak, Lanjut Usia, dan Disabilitas (RALUD) dengan menyelenggarakan kegiatan rekreasi bagi para lansia di beberapa panti werdha. Kegiatan ini melibatkan lansia dalam berbagai aktivitas rekreasi yang dirancang oleh kelompok praktikum dari kelas Bogor dan Sukabumi.

Implementasi kegiatan ini dilakukan di tujuh panti werdha yang tersebar di Bogor dan Sukabumi yaitu Panti Werda Taman Gracelil, Panti Jompo Kamilus, Rumah Perawatan Usia Lanjut Krosten (RPUK) Muara Kasih, Panti Werdha Stella Maris, Panti Kasih GKI Sukabumi, Panti Sosial Wreda Bale Nyaah Ka Kolot dan Wisma Assisi.

Ketua Program Studi Ekowisata, Kania Sofiantina Rahayu, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan implementasi mata kuliah RALUD yang berjalan lancar. Kania menjelaskan bahwa setiap manusia, termasuk lansia, membutuhkan kegiatan rekreasi.

“Secara umum, lansia berhak mendapatkan kesejahteraan dan pelayanan yang meliputi aspek sosial, kognitif, dan emosi dengan kategori umum rekreasi pada lansia yaitu rekreasi sosial, rekreasi di luar ruangan, serta rekreasi budaya,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan rekreasi yang dilakukan melibatkan permainan modifikasi dengan berbagai tujuan, antara lain meningkatkan interaksi antar lansia, mengurangi tingkat kepikunan, pencegahan demensia dan meningkatkan psikomotorik.

“Permainan modifikasi dirancang dan diimplementasikan dengan beberapa tujuan diantaranya meningkatkan interaksi antar lansia, mengurangi tingkat kepikunan, pencegahan demensia, dan meningkatkan psikomotorik,” tambah Kania.

Dengan kegiatan ini, mahasiswa Program Studi Ekowisata Sekolah Vokasi IPB University tidak hanya mengaplikasikan teori yang telah dipelajari, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan lansia di masyarakat. (EKW/ASW/Lp).