Kolaborasi Mahasiswa IPB University bersama PAUD Harapan Bangsa, Tanamkan PHBS

Kolaborasi Mahasiswa IPB University bersama PAUD Harapan Bangsa, Tanamkan PHBS

Kolaborasi Mahasiswa IPB University bersama PAUD Harapan Bangsa, Tanamkan PHBS
Student Insight

Mahasiswa IPB University menjalin kolaborasi dengan PAUD Harapan Bangsa di Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Indramayu, Jawa Barat dengan membuat program Anak Bersih dan Sehat (ABS). Program in dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan anak-anak mengenai pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

“Kebersihan dan kesehatan merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Memperkenalkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak dini merupakan hal yang krusial untuk membentuk kebiasaan yang positif dan mencegah berbagai penyakit,” ujar Bobby Kurniawan, salah satu mahasiswa KKNT Inovasi IPB University.

Selain itu, kata dia, mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan bukan sekadar upaya untuk mencegah penyakit, tetapi juga membangun karakter yang peduli dan bertanggung jawab terhadap kebersihan diri dan lingkungan.

“Melalui pendekatan edukatif yang tepat, anak-anak juga dapat belajar tentang berbagai aspek kebersihan dan kesehatan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami,” jelasnya.

Ia mengurai, program ABS terdiri dari kegiatan praktik cuci tangan yang baik dan benar menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta pengenalan jenis-jenis sampah.

Kepala PAUD Harapan Bangsa, Juniarti, menyampaikan program ABS telah membantu meningkatkan kesadaran anak-anak di Desa Kalensari tentang membiasakan pola hidup bersih.

“Terima kasih sekali kami sudah dibantu oleh kakak mahasiswa IPB University. Orang tua juga merasa senang karena terdapat pihak lain yang peduli dengan PAUD atau pun masyarakat Desa Kalensari,” ujar dia.

Menurut Bobby, anak-anak sangat antusias mengikuti setiap kegiatan dan menunjukkan peningkatan pemahaman serta penerapan PHBS dalam keseharian mereka. Guru-guru PAUD juga memberikan apresiasi terhadap program ini karena dapat membantu mereka dalam mengajarkan nilai-nilai kebersihan dan kesehatan kepada anak didik mereka.

“Melalui program ABS, diharapkan anak-anak akan lebih memahami pentingnya kebersihan dan kesehatan serta dapat menerapkan kebiasaan baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (*/Rz)