Kerja Sama SPs IPB University dan EWINDO, Dorong Pengembangan SDM Bidang Hortikultura

Kerja Sama SPs IPB University dan EWINDO, Dorong Pengembangan SDM Bidang Hortikultura

Kerja Sama SPs IPB University dan EWINDO, Dorong Pengembangan SDM Bidang Hortikultura
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT East West Seed Indonesia (EWINDO) di Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University (3/7). Kerja sama ini mencakup program pendidikan penyelenggaraan khusus di Program Studi (Prodi) Magister Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (PBT) tahun akademik 2024/2025 hingga 2025/2026.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang hortikultura. Nantinya, lulusan diharapkan akan memiliki kompetensi di bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi tanaman tropika yang kreatif, inovatif dan partisipatif, serta diakui secara nasional dan internasional.

Prof Suryo Wiyono, Dekan Faperta IPB University dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Prodi PBT yang telah menginisiasi program kerja sama ini. Kebutuhan akan jalur pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dalam hal ini dengan industri, termasuk program khusus ini, dapat mendorong perkembangan prodi untuk lebih baik lagi.

“Prodi PBT ini termasuk prodi yang paling concern terhadap mahasiswanya terutama untuk dapat lulus tepat waktu, sehingga sangat tepat menjadi pilihan. Selain itu, output-output yang dihasilkan dari hasil penelitian sangat baik,” ujarnya.

Prof Titi Candra Sunarti, Wakil Dekan SPS IPB University bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan mengatakan, “Harapan kami setelah adanya kerja sama dengan industri dalam hal ini EWINDO, dapat menjadi motivasi untuk menginduksi industri-industri lainnya bahwa pendidikan merupakan suatu kebutuhan dan dapat terus belajar terutama terkait keilmuan.”

Prof Edi Santosa selaku Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB University menambahkan, program kerja sama ini merupakan yang pertama dapat diharapkan dapat berkelanjutan. “Bagaimanapun menghubungkan perguruan tinggi dengan industri bukan hal yang mudah. Semoga program kerja sama ini dapat terus berlanjut,” ujarnya.

“Selain itu, harapan kami mahasiswa yang akan menempuh studi di Prodi Magister PBT IPB University ini dapat menyelesaikan studinya dengan tepat waktu dan memiliki kualitas sehingga dapat bermanfaat untuk semuanya,” tambahnya.

Sementara itu, Fatkhu Rokhman, SP, MSi sebagai Direktur Riset dan Pengembangan EWINDO menyampaikan terima kasih kepada SPs IPB University atas terlaksananya program kerja sama ini. Ia menuturkan bahwa di EWINDO, proses pemuliaan tanaman memegang peranan kunci dalam penyediaan benih yang berkualitas. Oleh karenanya, pengembangan SDM untuk profesi pemulia tanaman menjadi sangat dibutuhkan.

“Program ini juga merupakan perwujudan dari EWINDO Academy sebagai wadah pengembangan diri karyawan, yang salah satu pilarnya adalah education enhancement. Kami berharap kerja sama ini dapat mendorong pengembangan varietas unggul sayuran, sehingga pada akhirnya akan memajukan sektor pertanian hortikultura Indonesia,” ujarnya. (HBL/Rz)