IPB University Gelar Sosialisasi Program TAPERA bagi ASN

IPB University Gelar Sosialisasi Program TAPERA bagi ASN

IPB University Gelar Sosialisasi Program TAPERA bagi ASN
Berita

IPB University menggelar Sosialisasi Program Tapera dan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Aparatur Sipil Negara (ASN) pada portal Sistem Informasi Tabungan Perumahan Rakyat (SITARA) bagi ASN tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor IPB University bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur, Dr Alim Setiawan Slamet, didampingi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Dr Heti Mulyati dan Asisten Direktur Bidang Remunerasi dan Kesejahteraan Pegawai, Erna Prastiwi, SE, MM (12/7).

Dalam laporannya, Direktur SDM IPB University, Dr Heti menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya IPB University melalui Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk mendorong kepemilikan rumah pertama terutama bagi para ASN di lingkup IPB University.

Di samping itu, juga untuk mengoptimalisasi pengembalian tabungan peserta pensiun bagi yang telah melakukan pemutakhiran data peserta di portal sitara.tapera.go.id.

“Saat ini IPB University memiliki 2.020 ASN, dengan 122 PNS dosen dan 17 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang baru nanti akan mengikuti juga program BP Tapera,” imbuhnya.

Dr Alim mengutarakan bahwa sharing informasi yang lebih komprehensif tentang manfaat program Tapera ini sangat dibutuhkan, utamanya terkait isu yang beberapa waktu lalu mewarnai ruang publik dengan adanya peraturan baru, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2024 perihal Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat.

“Kita sepakat membayar iuran tiap bulannya, tetapi apa yang bisa kita dapatkan dari program ini, kita semua belum punya pemahaman yang sama. Jadi, dari kegiatan ini diharapkan ASN IPB University yang merupakan peserta Tapera dapat mendapatkan manfaat untuk pemenuhan kebutuhan perumahan dengan terlebih dahulu melakukan pemutakhiran data kepesertaan,” imbuhnya.

Sosialisasi program Tapera ini mengusung dua informasi utama, yaitu mengenai Program Pembiayaan Tapera serta Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Peserta yang disampaikan oleh TM Khoirun Najib, SKPm selaku Relationship Manager Kepesertaan BP Tapera. Narasumber yang juga merupakan alumni Program Studi Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University ini menutup rangkaian sosialisasi dengan sesi tanya jawab yang disambut antusias oleh lebih dari 200 peserta ASN dosen dan tenaga kependidikan yang hadir secara daring.

Diharapkan melalui adanya kegiatan sosialisasi ini, dapat meningkatkan awareness terkait dengan program Tapera kepada seluruh ASN di lingkup IPB University untuk dapat memperoleh manfaat berupa kredit pemilikan rumah (KPR), kredit bangun rumah (KBR), dan kredit renovasi rumah (KRR). (HR/Rz)