HIjaukan Desa Ciranggon, Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Penanaman Pekarangan Rumah

HIjaukan Desa Ciranggon, Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Penanaman Pekarangan Rumah

HIjaukan Desa Ciranggon, Mahasiswa KKNT IPB University Lakukan Penanaman Pekarangan Rumah
Student Insight

Mahasiswa KKN-T IPB University Desa Ciranggon, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat telah melakukan salah satu program kerja yakni “Ciranggon Asri” yang melibatkan para masyarakat untuk melakukan penanaman pekarangan rumah.

Kegiatan ini dilakukan pada 13/7 yang bertempatan di lahan kosong Desa Ciranggon. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, kelompok pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), kelompok wanita tani (KWT), dan masyarakat umum.

Kegiatan diawali dari penyampaian materi oleh penyuluh pertanian lapangan Desa Ciranggon, Asep Suhartono. Ia menyampaikan mengenai pemanfaatan dan tujuan tanaman pekarangan rumah.

Asep menyampaikan, “Lahan pekarangan rumah akan bermanfaat menjadi lumbung hidup, warung hidup, apotek hidup, bank hidup, dan estetika jika lahan tersebut ditumbuhi beberapa tanaman.”

Ia memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah secara produktif. “Permasalahan pertanian, termasuk tanaman pekarangan, dapat disampaikan melalui aplikasi “IPB Digitani” dari IPB University. Perwakilan KKN-T IPB University menyosialisasikan cara pendaftaran dan fitur-fitur aplikasi tersebut,” ungkap Asep.

Kegiatan inti meliputi praktik langsung penanaman tanaman pekarangan yang benar, diselingi dengan demonstrasi dari tim KKNT IPB University. Materi mencakup teknik budidaya, pengendalian hama dan penyakit, penggunaan pupuk kimia, serta pemanfaatan limbah rumah tangga dan sampah organik sebagai pupuk.

Tanaman yang ditanam saat praktik yakni pakcoy dan bunga matahari, disamping itu terdapat benih yang dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada kegiatan ini. Benih yang dibagikan yakni tomat, cabai, bunga matahari, dan pakcoy. Tanaman tersebut akan dimonitoring oleh tim kelompok KKNT IPB University per minggunya.