Gelar Visiting Professor, Departemen Gizi Masyarakat IPB University Datangkan Pakar dari UiTM Malaysia

Gelar Visiting Professor, Departemen Gizi Masyarakat IPB University Datangkan Pakar dari UiTM Malaysia

Gelar Visiting Professor, Departemen Gizi Masyarakat IPB University Datangkan Pakar dari UiTM Malaysia
Berita

Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University sukses menyelenggarakan kegiatan Visiting Professor menghadirkan Associate Professor Mahenderan Appukutty dari Faculty of Sports Science and Recreation, Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Kegiatan ini meliputi berbagai aktivitas, seperti Studium General mata kuliah Gizi Olahraga, workshop Nutrition and Physique Assessment of Athletes, diskusi penelitian bidang gizi olahraga, serta bedah silabus Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah Gizi Olahraga untuk program studi sarjana, pascasarjana, dan dietisien.

Prof Katrin Roosita, Ketua Departemen Gizi Masyarakat IPB University mengatakan, kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi berbagai pihak. Bagi mahasiswa, ini menjadi kesempatan emas untuk berinteraksi langsung dengan pakar di bidang gizi olahraga yang dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mereka.

“Bagi dosen, kegiatan ini menyediakan forum untuk berdiskusi dan melakukan bedah silabus RPS, yang akan meningkatkan kualitas pendidikan di Departemen Gizi Masyarakat. Selain itu, tenaga kependidikan juga mendapatkan manfaat dengan mengikuti workshop yang sama, yang memberikan wawasan baru terkait asesmen gizi dan fisik atlet,” paparnya.

Kehadiran Assoc Prof Mahenderan Appukutty, yang memiliki H-index Scopus sebesar 12 dan berasal dari universitas yang menduduki peringkat 50-100 QS WUR Ranking by Subject untuk Hospitality and Leisure Management, memberikan nilai tambah tersendiri bagi kegiatan ini. UiTM Malaysia, sebagai mitra, diharapkan dapat membuka peluang kerja sama lebih lanjut di masa mendatang, baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian.

Dalam rangkaian kegiatan Visiting Professor ini juga dilakukan penandatanganan Implementation of Arrangement dan diskusi penelitian gizi olahraga secara hybrid. Pertemuan ini juga membahas berbagai potensi kerja sama antara UiTM Malaysia dan IPB University. Diskusi penelitian yang dilakukan melibatkan pembahasan mendalam mengenai proyek-proyek penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Mahenderan dan ide-ide untuk penelitian khususnya bidang gizi olahraga di masa depan.

Kegiatan diakhiri dengan workshop Praktik Asesmen Atlet di Laboratorium Antropometri. Peserta belajar melakukan pengukuran antropometri, analisis komposisi tubuh, dan evaluasi kebugaran fisik, yang semuanya dipandu oleh Dr Mahenderan. Workshop ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis yang berharga, tetapi juga meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan asesmen gizi dan fisik yang akurat.

“Secara keseluruhan, kegiatan Visiting Professor ini telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh peserta dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Departemen Gizi Masyarakat IPB University serta membuka peluang kerjasama di masa depan,” tutur Prof Katrin. (*/Rz)