Dosen Pulang Kampung IPB University Dampingi Pokdakan Fresh Mina Pudakpayung Tingkatkan Produktivitas Budi Daya Ikan

Dosen Pulang Kampung IPB University Dampingi Pokdakan Fresh Mina Pudakpayung Tingkatkan Produktivitas Budi Daya Ikan

Dosen Pulang Kampung IPB University Dampingi Pokdakan Fresh Mina Pudakpayung Tingkatkan Produktivitas Budi Daya Ikan
Berita

Kelurahan Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah menjadi tuan rumah dari kegiatan Dosen Pulang Kampung (Dospulkam) IPB University. Program ini dipimpin oleh Dr Beata Ratnawati dari Program Studi (Prodi) Teknik dan Manajemen Lingkungan Sekolah Vokasi IPB University.

Kegiatan berupa pendampingan usaha kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kelurahan Pudakpayung, yakni Fresh Mina. Pendampingan mencakup pembuatan teknologi budi daya Recirculating (RAS), pelatihan dalam pembesaran ikan nila, pengajuan izin industri rumah tangga (IRT), serta digital marketing.

“Program Dospulkam IPB University ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Kelurahan Pudakpayung, khususnya kelompok budi daya ikan untuk meningkatkan produksi dan usaha budi daya ikan,” ujar Dr Beata.

Kegiatan yang dilakukan beraneka macam antara lain pembuatan teknologi budi daya RAS, pelatihan, serta diskusi kelompok atau focus group discussion (FGD) yang dibimbing oleh para dosen IPB University.

Kegiatan pembuatan teknologi budi daya RAS bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan serta menghemat penggunaan air yang dapat menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Adapun pelatihan dan FGD tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai peningkatan produksi ikan nila sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ikan yang dihasilkan.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen Sekolah Vokasi IPB University dari beberapa program studi. Dr Beata Ratnawati bertugas memberikan pendampingan dalam pembuatan teknologi RAS, Dr Cecilia Eny Indriastuti selaku dosen Prodi Teknologi dan Manajemen Pembenihan Ikan memberikan pelatihan dalam pembesaran ikan nila.

Dr Andi Early Febrinda yang merupakan dosen Prodi Supervisor Jaminan Mutu Pangan memberikan pelatihan terkait penyusunan izin IRT, serta Ayutyas Sayekti, SE, MSi dosen Prodi Manajemen Agribisnis bertugas memberikan pelatihan terkait digital marketing.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara IPB University dengan kelompok budi daya ikan, Kelurahan Pudakpayung, serta Dinas Perikanan Kota Semarang. Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budi daya ikan,” ungkap Dr Beata.

Secara keseluruhan, kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kelurahan Pudakpayung, khususnya kelompok budi daya ikan, Lurah Pudakpayung, Dinas Perikanan Kota Semarang, dan penyuluh perikanan ikut hadir membuka secara resmi kegiatan ini.

“Mereka merasa terbantu dengan adanya bimbingan dari para dosen IPB University dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang dan inovasi dari IPB University terus dapat dikembangkan sehingga dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kesejahteraan bersama,” tutur Dr Beata. (*/Rz)