Warga Fahutan IPB University Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Tanam 300 Pohon Ini

Warga Fahutan IPB University Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Tanam 300 Pohon Ini

Warga Fahutan IPB University Peringati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Tanam 300 Pohon Ini
Berita

Dalam rangka memperingati Hari lingkungan Hidup se-Dunia, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University melakukan aksi tanam pohon bersama di areal Taman Hutan Kampus IPB Dramaga (9/6). Kegiatan melibatkan 160 peserta dengan menanam sebanyak 300 bibit tanaman hutan dari jenis pohon khaya (Khaya anthotheca), mahoni (Swietenia mahagoni) dan meranti (Shorea sp).

Tema pada kegiatan penanaman kali ini adalah “Tanam Pohon Untuk Turunkan Emisi”. Melalui tema tersebut diharapkan peserta kegiatan penanaman telah berkontribusi dalam upaya menurunkan emisi terutama di lingkungan Kampus IPB Dramaga.

Dekan Fahutan IPB University, Prof Naresworo Nugroho berharap kegiatan tanam pohon bisa menjadi budaya yang melekat pada setiap sarjana kehutanan dan rimbawan. Ia juga mengingatkan pentingnya menanam pohon dan merawatnya untuk menyerap emisi. Menanam pohon juga meningkatkan nilai jasa lingkungan komunitas pohon untuk konservasi keanekaragaman hayati (kehati) dan berperan dalam pendidikan lingkungan.

“Aksi menanam ini seharusnya tidak hanya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup saja, tetapi harus dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, dukungan bukan hanya dari mitra, melainkan kesadaran dari civitas akademik dalam bentuk moral sangat diperlukan,” ujarnya.

Dr Nyoto Santoso, Ketua Tim Pengelola Arboretum Taman Hutan Kampus berharap semua warga dan mitra terus meningkatkan kehati di lingkungan Kampus IPB Dramaga. Dengan menanam pohon di lahan kritis merupakan aksi nyata dalam meningkatkan kualitas habitat untuk keyati. Upaya ini juga akan membantu meningkatkan serapan emisi gas rumah kaca dan memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh warga Fahutan IPB University. Terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan (tendik), serta mahasiswa dari BEM Fahutan, Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova), Forest Management Student Club (FMSC), Himpunan Mahasiswa Hasil Hutan (Himasiltan), Tree Grower Community (TGC).

Selain itu, hadir Agrianita Fahutan dan para pelajar/siswa taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan SMA sekitar Kampus IPB Darmaga. Mitra yang hadir, yaitu PT United Tractors Tbk dan Yayasan Karya Bhakti United Tractors. Calon mitra dari PT Astra Daihatsu Motor juga hadir dalam upaya menjajaki peluang kerja sama dengan Fahutan IPB University dalam program Peduli Lingkungan. (*/Rz)