Teguhkan Program “IPB Hadir”, 3.204 Mahasiswa Ikuti KKNT Inovasi Tahun 2024

Teguhkan Program “IPB Hadir”, 3.204 Mahasiswa Ikuti KKNT Inovasi Tahun 2024

Teguhkan Program “IPB Hadir”, 3.204 Mahasiswa Ikuti KKNT Inovasi Tahun 2024
Berita

Dalam mewujudkan pengabdian ke berbagai daerah, sebanyak 3.204 mahasiswa IPB University berpartisipasi dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi 2024. Kegiatan KKNT Inovasi akan berlangsung mulai 24 Juni sampai dengan 5 Agustus 2024.

Tahun ini, pelaksanaan KKNT Inovasi dilaksanakan di 394 desa, 44 kabupaten dan 10 provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Maluku.

Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi mengatakan, KKNT Inovasi ini merupakan program yang bertujuan mendampingi masyarakat untuk meneguhkan program “IPB Hadir” melalui pengabdian kepada masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan mahasiswa dan dosen selama 40 hari untuk hidup bersama masyarakat, dengan fokus menerapkan inovasi IPB University guna mendukung resiliensi sosial-ekonomi perdesaan.

“Selain pelaksanaan di pelosok negeri, kami juga menempatkan mahasiswa Program Internasional Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) yang turut berpartisipasi KKNT Inovasi di Malaysia sebanyak 2 kelompok; 3 kelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) mengikuti program KKNT Inovasi di Malaysia; dan 5 kelompok Mahasiswa FEM mengikuti KKNT Inovasi di Thailand,” ucapnya dalam sambutan pelepasan mahasiswa KKNT Inovasi di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga, Bogor (22/6).

Lebih lanjut, Prof Ernan menyebutkan bahwa ada 230 dosen yang terlibat, terdiri dari 183 Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dan 47 Dosen Koordinator Wilayah.

“Harapannya kegiatan ini memberikan manfaat kepada semua pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, masyarakat, dan pemerintah daerah, melalui kolaborasi berbagai bidang keahlian untuk mengatasi permasalahan di lokasi kegiatan,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Rektor IPB University, Prof Deni Noviana berpesan, “Sebagai perwakilan IPB University, kalian harus membawa nilai-nilai IPB University. Perguruan tinggi yang besar didukung oleh mahasiswa berprestasi, ber-attitude baik, dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik.”

Lebih lanjut, Prof Deni menjelaskan bahwa misi utama IPB University dalam KKNT Inovasi adalah melatih konsep 5C pada mahasiswa.

“Konsepnya yaitu Creativity untuk mencari solusi lokal, Critical Thinking untuk berpikir kritis, Collaboration untuk kerja sama multipihak, Communication untuk teknik komunikasi efektif, dan Complex Problem Solving untuk menyelesaikan masalah secara cepat,” tuturnya. (dr/Rz)