SPs IPB University Adakan Sosialisasi Program Manajemen Talenta dan Program Beasiswa Kerja Sama BRIN-LPDP

SPs IPB University Adakan Sosialisasi Program Manajemen Talenta dan Program Beasiswa Kerja Sama BRIN-LPDP

SPs IPB University Adakan Sosialisasi Program Manajemen Talenta dan Program Beasiswa Kerja Sama BRIN-LPDP
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan Sosialisasi Program Manajemen Talenta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Program Beasiswa Kerja Sama BRIN dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Auditorium Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga, Bogor (14/6). Peserta yang hadir dalam sosialisasi ini terdiri dari mahasiswa program sarjana dan magister, alumni serta civitas di lingkungan IPB University sebanyak 300 orang.

Program Manajemen Talenta BRIN adalah beasiswa jenjang doktor kerja sama LPDP dan BRIN yang diperuntukkan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) jenjang doktor yang terampil dalam riset nasional di bidang keanekaragaman hayati, nuklir, penerbangan dan antariksa, serta maritim.

Prof Dodik Ridho Nurrochmat, Dekan SPs IPB University dalam sambutannya menyampaikan bahwa program Manajemen Talenta merupakan terobosan yang sangat baik dari BRIN- LPDP. Ia mengatakan, “Negara-negara seperti Jepang dan Singapura, ingin talenta-talenta muda dari Asia Tenggara (ASEAN) terutama dari Indonesia, sehingga melalui program ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa dan alumni SPs IPB University.”

Prof Dodik menambahkan bahwa SPs IPB University sangat berterima kasih dan menghargai upaya dari BRIN-LPDP melalui program Manajemen Talenta dan program beasiswa seperti ini. “Harapannya dengan program-program ini dapat memicu para mahasiswa dan alumni untuk terus belajar dan melanjutkan studinya yang lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Sementara itu, Martira Putri MPd dari BRIN menjelaskan bahwa Manajemen Talenta memiliki beberapa program yaitu degree by research, degree by research dengan platform kolaborasi, BRIN-LPDP beasiswa doktor bidang strategis serta beasiswa LPDP regular.

“Program degree by research ini merupakan program belajar untuk meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN) dan SDM lainnya melalui pendidikan formal jenjang magister dan doktor berbasis kegiatan riset tanpa meninggalkan tugas kedinasan. Program ini juga terbuka bagi non-ASN,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa program studi tujuan dari beasiswa doktor talenta riset nasional adalah di bidang studi penerbangan dan antariksa (riset teknologi satelit dan avionics), teknologi laut dalam maritim (riset teknologi laut dalam), pemanfaatan biodiversitas maju (riset genomic, omics, bioinformatika, rekayasa genetika), dan radiasi dan teknologi nuklir (riset teknologi siklotron dan fusi),

“Program beasiswa ini dibuka mulai tanggal 19 Juni 2024 dan berlangsung selama lima tahun dengan 500 kandidat penerima beasiswa,” imbuhnya (HBL/Rz)