Raih Pendanaan Terbanyak, 19 Tim PPK Ormawa IPB University Siap Terjun ke Masyarakat

Raih Pendanaan Terbanyak, 19 Tim PPK Ormawa IPB University Siap Terjun ke Masyarakat

Raih Pendanaan Terbanyak, 19 Tim PPK Ormawa IPB University Siap Terjun ke Masyarakat
Berita

IPB University menjadi perguruan tinggi dengan raihan pendanaan terbanyak dalam Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2024. Dari 622 tim yang meriah pendanaan, terdapat 19 tim PPK Ormawa IPB University yang lolos didanai dengan melibatkan 285 mahasiswa dari berbagai fakultas/sekolah.

“Selamat berjuang kepada 19 ormawa IPB University yang berhasil lolos didanai,” ujar Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Deni Noviana saat Temu Perdana Tim PPK Ormawa di Auditorium Andi Hakim Nasution, IPB Dramaga, Bogor (4/6).

“Selamat belajar dan terus mengembangkan ide-ide cemerlang selama pelaksanaan program. Dan yang terpenting adalah program yang mampu memberikan dampak dan perubahan di masyarakat,” pesan Prof Deni.

PPK Ormawa merupakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dirancang dan dilakukan oleh ormawa. Tahun ini, ada sebanyak 2.289 subproposal terdaftar mengikuti program PPK Ormawa. Jumlah itu berasal dari 359 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Diinisiasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), program ini merupakan salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi dalam masyarakat desa.

Direktur Kemahasiswaan IPB University dalam laporannya menjelaskan, sebelum masuk ke tahap seleksi pendanaan di tingkat nasional, IPB University melakukan pembinaan dan seleksi di kegiatan Semarak Bina Desa. Sebanyak 48 ide pengabdian ormawa berhasil di-submit yang kemudian mendapatkan pembinaan dan coaching proposal bersama tim pembina.

“Dari total pendaftar tersebut, dilakukan proses seleksi hingga didapatkan 20 proposal terbaik yang didaftarkan ke tingkat nasional pada 19 Maret 2024 lalu. Tim-tim terbaik ini berhasil meraih pendanaan dengan total sebesar 693 juta rupiah,” sebutnya.

Turut hadir dalam temu perdana, Dr Syaefudin (Asisten Direktur Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa), Wakil Dekan Fakultas/Sekolah, tim Direktorat Pengembangan Masyarakat dan Agromaritim, Dosen Pembina Pengabdian, dan Dosen Pembimbing Tim PPK Ormawa.

Berikut ke-19 Tim PPK Ormawa IPB University yang lolos didanai:
1. BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
2. BEM Fakultas Teknologi Pertanian
3. BEM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
4. BEM Fakultas Ekologi Manusia
5. Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Himasiera)
6. Himpunan Mahasiswa Produksi Peternakan (Himaproter)
7. Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan (Himakova)
8. Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT)
9. Himpunan Mahasiswa Geofisika dan Meteorologi (Himagreto)
10. Himpunan Mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Himafarin)
11. Himpunan Mahasiswa Ilmu Teknologi dan Kelautan (Himiteka)
12. Himpunan Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen (Himaiko)
13. Tree Grower Community (TGC)
14. Himpunan Mahasiswa Manajemen Hutan (FMSC)
15. Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter)
16. Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagizi)
17. Himpunan Mahasiswa Budidaya Perairan (Himakua)
18. Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (Himasilkan)
19. Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian (Himateta)