Prodi Magister Ilmu Gizi SPs IPB University Inisiasi Kerja Sama dengan UPM Bahas Program Dual Degree

Prodi Magister Ilmu Gizi SPs IPB University Inisiasi Kerja Sama dengan UPM Bahas Program Dual Degree

Prodi Magister Ilmu Gizi SPs IPB University Inisiasi Kerja Sama dengan UPM Bahas Program Dual Degree
Berita

Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Gizi (GIZ) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan inisiasi kerja sama program Dual Degree dengan Program Pascasarjana Ilmu Gizi, Fakulti Perubatan dan Sains Kesihatan, Universiti Putra Malaysia (UPM).

Selain itu, prodi magister GIZ yang merupakan prodi di bawah Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dalam kegiatan tersebut juga melakukan penandatanganan Implementation of Arrangement di Kampus UPM, Selangor Malaysia belum lama ini.

Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fema IPB University, Dr Megawati Simanjuntak menyampaikan bahwa Fema sangat mendukung inisiasi program Dual Degree yang digagas oleh Prodi magister GIZ.

“Program ini akan menjadi peluang untuk mahasiswa agar dapat melaksanakan kuliah di dua Perguruan Tinggi, yaitu di IPB University dan UPM. Semoga proses yang dilakukan dapat berjalan lancar mulai dari pemetaan mata kuliah hingga mekanisme yang akan digunakan untuk program Dual Degree ini,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Prodi GIZ, Dr Eny Palupi memaparkan kemajuan kegiatan inisiasi program Dual Degree dengan hasil analisis matriks kurikulum dari masing-masing prodi serta menyusun kemungkinan variasi perencanaan studi bagi mahasiswa yang akan mengambil program tersebut.

“Kami juga menyusun kemungkinan pembiayaan beasiswa untuk mengikuti program Dual Degree. Saat ini di Indonesia menyediakan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan skema khusus program dual/join/double degree,” jelasnya.

Dr Eny menambahkan bahwa beasiswa LPDP ini bertujuan untuk memastikan penerima beasiswa dapat fokus pada studinya tanpa kuatir tentang beban biaya pendidikan.

“Program ini akan memperkuat kolaborasi antar institusi pendidikan tinggi, meningkatkan reputasi institusi serta membuka peluang karir yang lebih luas bagi lulusannya dan dengan mendapatkan gelar dari dua perguruan tinggi, mahasiswa diharapkan lebih siap menghadapi tantangan di pasar kerja internasional,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan oleh paparan Dr Zuraidah Nasution, Sekretaris Departemen Gizi Masyarakat. Ia menjelaskan mengenai Departemen Gizi Masyarakat Fema, mulai dari visi dan misi departemen, struktur organisasi serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa, serta dilakukan diskusi dan juga penandatanganan Agreement of Dual Degree Program yang diwakili oleh Dr Megawati Simanjuntak dan Prof Loh Su Peng, Head Department of Nutrition UPM. (SAR/HBL/Lp)