Primakelola IPB dan PT PLN Indonesia Power Beri Pelatihan dan Pendampingan Agroeduwisata di Desa Wanadadi

Primakelola IPB dan PT PLN Indonesia Power Beri Pelatihan dan Pendampingan Agroeduwisata di Desa Wanadadi

Primakelola IPB dan PT PLN Indonesia Power Beri Pelatihan dan Pendampingan Agroeduwisata di Desa Wanadadi
Berita

PT Primakelola IPB (IPB Consulting) bersama PT PLN Indonesia Power UBP Mrica bersama sukses menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan budi daya melon secara hidroponik bagi masyarakat di Desa Wanadadi, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) IPB Consulting melalui penyelenggaraan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diikuti oleh 15 orang perwakilan dari 12 rukun tetangga (RT) di Desa Wanadadi.

Hadir Asisten Manager Lahan dan Lingkungan PT PLN Indonesia Power, Yus Nugraha dan.

Dalam sambutannya, Sigit Utoyo selaku Kepala Desa Wanadadi mengatakan, kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis petani pembudi daya melon di Desa Wanadadi.

“Tanaman melon sendiri telah beberapa kali telah coba dibudidayakan oleh masyarakat. Akan tetapi masih terdapat kendala pada hama dan penyakit yang membuat hasil panen tidak sesuai harapan,” ungkapnya.

Pelatihan yang diberikan terdiri atas beberapa materi tentang peracikan pupuk, teknik dan kiat-kiat budi daya, pengendalian hama dan penyakit tanaman, serta analisa usaha. Pemberian materi dilaksanakan di Balai Desa Wanadadi dan dilanjutkan dengan praktik lapang di lokasi green house budi daya melon yang terletak di kawasan Seakong Agroeduwisata.

Peserta juga mendapatkan materi bagaimana membuat pupuk hidroponik sendiri yang dapat membantu menurunkan biaya produksi sekaligus masih dapat menjamin pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman.

Kegiatan pelatihan ini selanjutnya disertai dengan pendampingan berkelanjutan. Langkah tersebut untuk menjamin praktik budi daya yang dilakukan pasca pelatihan tetap sesuai dengan standar budi daya yang baik.

“Budi daya melon secara hidroponik merupakan salah satu bagian dari Seakong Agroeduwisata yang terletak di Desa Wanadadi. Melalui pelatihan dan pendampingan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan daya tarik paket agroeduwisata yang dikembangkan, dan secara tidak langsung akan mendukung peningkatan pendapatan masyarakat Desa Wanadadi,” ujar Sulistianawati, Direktur Primakelola IPB Consulting. (*/Rz)