Perkuat Bidang Kehutanan dan Agribisnis, IPB University Jalin Kerja Sama dengan ST Bhinneka, Medan

Perkuat Bidang Kehutanan dan Agribisnis, IPB University Jalin Kerja Sama dengan ST Bhinneka, Medan

Perkuat Bidang Kehutanan dan Agribisnis, IPB University Jalin Kerja Sama dengan ST Bhinneka, Medan
Berita

Dalam rangka memperkuat bidang kehutanan dan agribisnis, IPB University menjalin kerja sama dengan Universitas Satya Terra Bhinneka (ST Bhinneka). Penandatangan kerja sama ini dilakukan di Kampus IPB Dramaga, Bogor (19/6).

Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni, Prof Iskandar Z Siregar menyambut hangat kedatangan delegasi ST Bhinneka. “Selamat datang di IPB University, salah satu kampus pertanian terbaik di Indonesia,” ujarnya. Prof Iskandar berharap adanya kerja sama ini nantinya dapat memperkuat kolaborasi dan berbagi manfaat dengan lebih baik.

“IPB University memiliki Agribusiness and Technology Park (ATP), fasilitas yang dirancang untuk mendukung pembelajaran dan penelitian di bidang agribisnis. Adanya ATP ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di industri agribisnis global,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa di luar negeri terdapat Earth University di Kosta Rika, sebuah kampus yang mengelola kebutuhan hidupnya secara organik dan berkelanjutan.

“Semua energi dan makanan di Earth University dihasilkan dari sumber daya kampusnya sendiri. IPB University berencana melakukan studi banding ke sana untuk mempelajari model sustainability-nya,” ucapnya.

Wakil Rektor ST Bhinneka bidang Akademik, Rin Rin Meilani Salim, SKom, MKom mengucapkan terima kasih atas sambutan dari IPB University. Ia menjelaskan bahwa kampus ST Bhinneka terdiri dari empat fakultas dan enam program studi (prodi), serta memiliki 1.649 mahasiswa.

“Fakultas Kesehatan memiliki Prodi D3 Kebidanan; Fakultas Pertanian dan Kehutanan dengan Prodi S1 Agribisnis dan S1 Manajemen Hutan; Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi S1 Kewirausahaan dan S1 Bisnis Digital; dan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer dengan Prodi S1 Informatika,” urainya.

Lebih lanjut, Rin Rin juga mengatakan bahwa alasan didirikannya Prodi Agribisnis dan Manajemen Hutan adalah bentuk komitmen ST Bhinneka terhadap sustainability dengan mata kuliah wajib Sustainable Development Goals (SDGs) di semua prodi.

Ia mengatakan bahwa ST Bhinneka juga telah memenangkan ajang internasional Climate-U dari University College London, Inggris untuk pengembangan modul SDGs.

“Kami juga mengusung inklusivitas dan riset, dengan dosen yang dilatih agar siap terjun ke lapangan dan memiliki pondasi riset yang kuat untuk go internasional,” ucapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan IPB University di antaranya Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Dr Irfan Syauqi Beik; Dekan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Prof Naresworo Nugroho; Direktur Kerjasama, Dr Jaenal Effendi; dan Ketua Departemen Agribisnis, Dr Burhanuddin. (dr/Rz)