Pentas Seni dan Kontribusi Sosial Ramaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 di IPB University

Pentas Seni dan Kontribusi Sosial Ramaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 di IPB University

Pentas Seni dan Kontribusi Sosial Ramaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 di IPB University
Berita

IPB University melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ke-4 mengadakan pentas seni dan kontribusi sosial di Gedung Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, 2/6. Kontribusi sosial ini merupakan salah satu rangkaian yang dilaksanakan dan menjadi bagian dari materi Modul Nusantara.

Koordinator PMM 4 yang sekaligus Direktur Administrasi Pendidikan IPB University, Dr Utami Dyah Syafitri mengatakan pada gelaran PMM dimeriahkan dengan kontribusi sosial dan pementasan oleh mahasiswa.

“Tahun ini, diperkenalkan konsep baru yaitu kontribusi sosial dengan tujuan menyatukan semua kegiatan dalam satu waktu dan tempat yang sama. Program kontribusi sosial tersebut diadakan di area kampus IPB Dramaga dan melibatkan tujuh kelompok dengan tema berbeda-beda, ” ucapnya.

Dr Utami melanjutkan, program PMM merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari luar Jawa untuk belajar di IPB University selama satu semester.

Kegiatan ini juga meliputi pentas seni yang dilaksanakan sebelum Ujian Akhir Semester (UAS). Pentas seni ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas serta menjalin kebersamaan.

“Ada pertunjukan perkusi, drama musikal, dan penampilan tarian adat dari berbagai daerah. Kegiatan ini untuk menyatukan mahasiswa IPB University dengan mahasiswa PMM, sekaligus menambah keterampilan kreatif mahasiswa PMM,” ucapnya.

Dr Utami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada mahasiswa PMM. “Selamat atas kerja keras kalian selama satu semester ini. Semoga pengalaman akademik maupun non-akademik selama berkuliah di IPB University membawa kenangan indah. Terima kasih atas dedikasi kalian selama ini,” tutupnya.

Salah satu peserta PMM dari Universitas Negeri Padang, Arifatul Rahmat mengatakan kegiatan ini sangat menarik dan membangkitkan semangat. “Saat kegiatan kontribusi sosial, kami bertemu adik-adik panti asuhan, berbagi, bermain game, dan saling mengenal. Pergelaran pentas seni juga sangat menarik karena menampilkan tarian dari berbagai daerah di nusantara,” ucapnya.

Dalam kegiatan kontribusi sosial turut mengundang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Bisnis IPB University, Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa Mizan Amanah, Asrama Yatim Mandiri, Yayasan Kesejahteraan Sosial Istiqomah, Panti Asuhan Putri dan Balita Darusholihat, Yayasan Perintis Pendidik Nusa, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Kota Bogor. (dr/ra)