Pengalaman Abror, Mahasiswa Akuntansi IPB University Ikuti Program MSIB di PT Adhimix Precast Indonesia

Pengalaman Abror, Mahasiswa Akuntansi IPB University Ikuti Program MSIB di PT Adhimix Precast Indonesia

Pengalaman Abror, Mahasiswa Akuntansi IPB University Ikuti Program MSIB di PT Adhimix Precast Indonesia
Student Insight

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) memungkinkan mahasiswa bisa mengeksplorasi minat dan bakat mereka untuk mencapai potensi terbaik. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan pengalaman kerja praktis sebagai persiapan awal untuk karier mahasiswa.

MHD Abror Aldzaky, mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University di Program Studi (Prodi) Akuntansi merupakan salah satu peserta yang lolos program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Lewat MSIB, Abror berkesempatan mengikuti magang di PT Adhimix di bagian finance.

PT Adhimix adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri beton, jasa konstruksi, dan investasi. Perusahaan ini membuka penawaran pada laman Kampus Merdeka untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa terpilih agar merasakan dunia kerja yang sesungguhnya.

Melalui program ini, Abror mengaku dirinya dapat menerapkan konsep-konsep seperti input data, analisis data, manajemen risiko, dan perencanaan keuangan. Abror juga terlibat dalam aktivitas proses pengelolaan anggaran serta pengendalian dan pelaksanaan operasional.

“Saya diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam kegiatan kerja di perusahaan. Ini bukan hanya tentang memahami laporan keuangan, tetapi juga tentang bagaimana membuat keputusan keuangan yang tepat dalam situasi nyata,” ujar Abror.

Selama masa magang, Abror mendapatkan banyak pengalaman dan latihan seperti melakukan aktivitas-aktivitas departemen keuangan, mengelola anggaran, hingga mempelajari bagaimana mengendalikan serta melaksanakan operasional. Ia juga sangat terinspirasi oleh sikap dan dedikasi tim.

“Mereka sangat mendorong untuk selalu menciptakan sesuatu yang baru dan meningkatkan diri secara konsisten. Saya dan peserta magang lainnya diajak untuk mengembangkan pemikiran kritis dan kemampuan analitis, yang dibutuhkan di dunia keuangan,” paparnya.

Abror menyampaikan, “Mengikuti program MSIB bukan hanya untuk mendapatkan pengalaman serta pengembangan kompetensi, kami dapat membangun relasi, mengembangkan soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Keterampilan ini sangat penting untuk mendukung kemampuan teknis dalam karier keuangan.”

Program Magang MSIB tidak hanya mengasah kemampuan keuangan mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan menjadi tenaga kerja yang siap untuk turun langsung di lapangan. Dengan pengalaman nyata, pembelajaran praktis, dan jaringan profesional, mahasiswa siap untuk menghadapi tantangan di dunia keuangan yang dinamis. (MAA/ARK/Rz)