Mewujudkan Desa Sehat, Tim PPK Ormawa Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi

Mewujudkan Desa Sehat, Tim PPK Ormawa Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi

Mewujudkan Desa Sehat, Tim PPK Ormawa Himagizi IPB University Luncurkan Program Rumah Gizi
Student Insight

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (Himagizi) telah melaksanakan sosialisasi perdana di Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor pada 23/6. Kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Desa Sukaharja sebagai langkah awal tim PPK Ormawa Himagizi dalam mewujudkan lingkungan desa yang nyaman, bersih, dan sehat.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan sebagai pengenalan kepada masyarakat Desa Sukaharja mengenai PPK Ormawa Himagizi IPB University dengan judul “Optimalisasi Kesehatan Masyarakat di Desa Sukaharja Melalui Program Rumah Gizi Sebagai Pilar Akselerasi Terciptanya Desa Sehat”.

Muhammad Aries, SP., M.Si., selaku Komisi Kemahasiswaan di Departemen Gizi Masyarakat IPB University menjelaskan bahwa pelaksanaan PPK Ormawa ini berfokus pada permasalahan kesehatan dan sanitasi lingkungan dengan harapan dapat mengoptimalisasi kesehatan masyarakat di Desa Sukaharja.

Ia menjelaskan bahwa program rumah gizi terdiri dari beberapa subprogram di antaranya, pelatihan kader posyandu sebagai bentuk pencegahan stunting, pembentukan komunitas Sadar Sehat, konsultasi gizi mengenai penyakit tidak menular (PTM), pemanfaatan budidaya ikan nila sebagai inovasi pengembangan produk, serta pembentukan Pekarangan Pangan Lestari dan Apotek Herbal Sehat (Peri Hebat).

“Program Rumah Gizi tersebut memiliki lingkup kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, yaitu mengenai pendidikan kesehatan, perbaikan kualitas lingkungan, dan penurunan angka kelaparan yang menargetkan para kader kesehatan sebagai penggerak masyarakat,” ujar Aries.

“Diharapkan Desa Sukaharja ini dapat menjadi desa yang nyaman, bersih, dan juga sehat sehingga masyarakatnya dapat terhindar dari permasalahan penyakit seperti Penyakit Tidak Menular (PTM) dan menurunkan prevalensi stunting,” ucap Almira Qatrunnada selaku Ketua Pelaksana Tim PPK Ormawa Himagizi.

Yani, seorang kader posyandu, mengatakan bahwa kegiatan ini membantu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang masalah gizi di Desa Sukaharja. “Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan tim PPK Ormawa Himagizi IPB University untuk mewujudkan Desa Sukaharja sebagai desa sehat,” ujarnya. (*/Lp)