Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024, Himiteka IPB University Siap Promosikan Potensi Mangrove Desa Pantai Mekar

Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024, Himiteka IPB University Siap Promosikan Potensi Mangrove Desa Pantai Mekar

Lolos Pendanaan PPK Ormawa 2024, Himiteka IPB University Siap Promosikan Potensi Mangrove Desa Pantai Mekar
Student Insight

Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) IPB University secara resmi lolos seleksi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2024. Tim PPK Ormawa Himiteka menjadi salah satu dari 19 tim Ormawa IPB University yang lolos program Semarak Bina Desa yang kemudian diajukan ke tingkat nasional, yakni program PPK Ormawa.

Tim PPK Ormawa Himiteka termasuk dalam 622 judul subproposal dari 158 perguruan tinggi yang lolos seleksi pendanaan dari 2.289 subproposal yang diajukan. Selama empat bulan penuh, rangkaian persiapan dilaksanakan dengan tiga hal utama, yakni survei dan konsolidasi dengan kepala desa serta mitra, pendekatan kepada masyarakat desa, dan penyusunan program untuk pembuatan subproposal.

Adapun program kegiatan yang diusung tim pelaksana PPK Ormawa Himiteka berjudul ‘Optimalisasi Potensi Mangrove Desa Pantai Mekar dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Berbasis Masyarakat Guna Tercapainya Desa Maritim Mandiri’. Program tersebut berlokasi di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Domain kegiatan pemberdayaan masyarakat yang diangkat, yaitu mengenai peningkatan ekonomi, kualitas lingkungan, pendidikan dan kesehatan yang menargetkan keluarga nelayan yang tinggal di desa pada kawasan pesisir yang programnya disebut “Mangrove Mekar”.

Ketua tim pelaksana PPK Ormawa Himiteka, Caesar Aditya mengungkapkan capaian ini merupakan sebuah langkah besar dan awal bagi Himiteka dalam menunaikan tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, satu langkah besar lagi dari Himiteka untuk melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat secara nyata sesuai tridharma perguruan tinggi. Tentu kami tak akan berhenti di sini. Tim PPK Ormawa Himiteka akan terus berproses karena hal yang menjadi fokus utama kami adalah memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi desa,” tuturnya.

Caesar mengungkapkan, berhasilnya Himiteka mendapatkan amanah ini tentu tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pembina Himiteka, Muhammad Iqbal, SPi, MSi, serta dosen pendamping tim, Dondy Arafat, SPi, MSi yang selalu memberikan arahan pendampingan dalam kegiatan ini.

“Tujuan utama dari program PPK Ormawa Himiteka adalah mampu memberikan kebermanfaatan sebesar-besarnya bagi Desa Pantai Mekar. Saya dan tim mahasiswa akan memberikan yang terbaik untuk menyukseskan program ini,” ungkap Dondy Arafat, selaku dosen pendamping tim PPKO Himiteka.

“Saya berharap Himiteka dan tim pelaksana menjaga semangat dalam mengikuti kegiatan seperti ini sehingga dapat terus menciptakan kesadaran dan kepedulian lebih banyak orang terhadap pesisir Indonesia,” sambung Muhammad Iqbal. (*/Rz)