IPB University Resmikan Fire Simulator Pertama di Asia Tenggara untuk Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

IPB University Resmikan Fire Simulator Pertama di Asia Tenggara untuk Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan

IPB University Resmikan Fire Simulator Pertama di Asia Tenggara untuk Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan
Berita

IPB University mencetak sejarah dengan meresmikan Ruang Rainforests and Peatlands Fires Centre of Excellence, hasil kerjasama Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University dengan Ambassade de France en Indonésie. Training center ini dilengkapi Fire Simulator untuk melatih ahli dan tim pemadam kebakaran hutan dan lahan dalam strategi dan teknik pemadaman di Indonesia.

Prof Bambang Hero Saharjo, ahli kebakaran hutan dan lahan ternama di Indonesia menjelaskan bahwa fire simulator yang ada di IPB University merupakan satu-satunya yang terdapat di Asia Tenggara dan merupakan fasilitas yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan tim pemadam kebakaran.

“Fire Simulator ini sudah dilaunching oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Prof Siti Nurbaya Bakar, pada Maret lalu. Ini adalah langkah besar untuk kita semua,” ungkap Prof Bambang, guru besar di Fakultas Kehutanan IPB University ini.

Lanjutnya, dengan diresmikannya Ruang Rainforests and Peatlands Fires Centre of Excellence ini, IPB University kembali menegaskan komitmennya dalam menghadapi tantangan kebakaran hutan dan lahan yang kerap melanda Indonesia. “Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi pusat unggulan dalam pelatihan dan pengembangan strategi pemadaman kebakaran hutan di kawasan Asia Tenggara,” tuturnya.

Jean-Michel Dumaz, yang merupakan Regional Civil Protection and Crisis Management Attaché Indopacific Countries Kedutaan Besar Prancis di Singapura, juga menyampaikan apresiasinya.

“Fire Simulator ini hadir berkat kerjasama yang dibangun oleh IPB University dan Kedubes Perancis yang diprakarsai oleh Prof Bambang. Ini menunjukkan betapa besar perhatian beliau terhadap upaya pengendalian kebakaran khususnya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Indonesia,” kata Jean.

Tidak ketinggalan, drh Fitriya Nur Annisa Dewi, Ph.D, dari Direktorat Konektivitas Global IPB University, juga memberikan pandangannya. “Langkah maju ini mengedepankan kemajuan teknologi dalam melatih tim pemadam kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Fasilitas ini juga dapat dijadikan ruang pelatihan bagi mahasiswa,” ujarnya.

Sementara, Dr Nandi Kosmaryandi, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University, menyatakan rasa syukurnya atas kegiatan peresmian tersebut.

“Kami sangat bersyukur atas adanya ruang pelatihan yang mengedepankan teknologi ini. Fasilitas ini tidak hanya bermanfaat untuk tim pemadam kebakaran tetapi juga sebagai ruang pelatihan bagi mahasiswa Fahutan IPB University,” jelas Dr Nandi.