IPB University Mendapat Kunjungan dari Auburn University, Amerika Serikat

IPB University Mendapat Kunjungan dari Auburn University, Amerika Serikat

IPB University Mendapat Kunjungan dari Auburn University, Amerika Serikat
Berita

Delegasi dari Auburn University Amerika Serikat lakukan kunjungan ke IPB University. Delegasi tersebut diterima langsung oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga, pada 19/6.

Dalam Sambutannya Rektor IPB University mengatakan bahwa saat ini IPB University sedang melakukan penguatan jaringan kolaborasi di tingkat global. Ia menyebutkan bahwa IPB University fokus pada dampak, bukan ranking. Meski demikian, peringkat IPB University berada di posisi 426 dunia.

“Dalam pemeringkatan QS WUR by Subject tahun 2024, IPB University berhasil mempertahankan posisi Top 10 di Asia dalam bidang Pertanian dan Kehutanan (Agriculture and Forestry). Dalam QS WUR by Subject Agriculture and Forestry 2024 tersebut, IPB University menduduki peringkat ke-7 di Asia dan ke-51 di dunia,” ungkapnya.

Rektor IPB University juga menyebutkan upaya yang dilakukan dalam mewujudkan techno socio entrepreneur university. “IPB University membangun sains techno park yang merupakan area yang didedikasikan dan dikelola secara profesional untuk pengelolaan dan komersialisasi inovasi, alih teknologi berbasis kekayaan intelektual dan pengembangan ekonomi dari hasil hilirisasi,” tuturnya.

“Kini kita tengah mendorong komersialisasi inovasi lebih dari 50 persen untuk dapat digunakan oleh industri. Kita juga telah merilis varietas padi di lahan marginal dan telah disebar di Indonesia dan melalui program dosen pulang kampung yang membawa inovasi ke daerah telah berdampak positif untuk masyarakat hingga 20 persen,” ucapnya.

Selain itu Prof Arif menyebutkan bahwa IPB University telah mengirim mahasiswa sekitar 4667 ke pelosok desa di seluruh Indonesia agar mahasiswa dapat belajar tentang pengetahuan lokal yang sangat bermakna dalam ilmu pengetahuan.

“Saya berharap melalui kunjungan dari Auburn University, Amerika Serikat akan ada peningkatan kerja sama khususnya terkait pertukaran mahasiswa,” ujar Prof Arif.

Sementara itu Dr Vini Nathan Wakil Rektor Bidang Akademik Auburn University menyampaikan bahwa pihaknya sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang IPB University terutama yang memiliki keterkaitan dengan keilmuan yang ada di Auburn University. “Kami sangat menanti akan adanya kerjasama dengan IPB University,” ujaenya.

Kegiatan kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB University, Prof Tridoyo Kusumastanto yang juga merupakan alumni dari Auburn University; Prof Ernan Rustiadi, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim; Prof Iskandar Siregar, Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Hubungan Alumni; Prof Anas Miftah Fauzi, Kepala Lembaga Riset Internasional dan Teknologi Maju. (dh/Lp)