Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerja Sama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia

Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerja Sama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia

Fakultas Peternakan IPB University Jalin Kerja Sama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia
Berita

Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University sepakat menjalin kerja sama dengan PT Panasonic Gobel Indonesia. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilaksanakan di Ruang Sidang Fapet, Kampus IPB Dramaga Bogor, (11/6).

Wakil Dekan Fapet IPB University bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof Irma Isnafia Arief menjelaskan, kerja sama mencakup penelitian terkait aplikasi alat sistem pemurnian air atau water purification system (WPS) Panasonic untuk menjaga kualitas dan keamanan produk hasil peternakan unggas, termasuk telur dan karkas. Kerja sama juga dilakukan untuk meneliti kualitas air di peternakan unggas layer dan broiler chickens.

Dr Idat Galih Permana, Dekan Fapet IPB University menyampaikan apresiasi terhadap pihak Panasonic. “Ini adalah pertama kalinya kita berkolaborasi dengan Panasonic. Alat ini sangat penting karena peternakan unggas membutuhkan sumber air bersih dan berkualitas. Alat ini juga bisa diaplikasikan di peternakan lain selain perunggasan di Indonesia, sehingga mendukung perwujudan sustainable development goals (SDGs),” ujarnya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini juga turut dihadiri dan disaksikan oleh Dr Hirofumi Fujita, peneliti yang mewakili pihak Panasonic, Dr Sri Suharti (Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan) serta Dr Iyep Komala (dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan).

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah untuk mengembangkan inovasi terkait WPS Panasonic agar dapat digunakan di peternakan dan rumah-rumah di Indonesia. Dua unit WPS Panasonic telah dipasang di chicken layer farm dan broiler chicken farm yang merupakan peternakan rakyat skala kecil menengah yang terletak di wilayah Bogor Jawa Barat.

Dari penelitian tersebut, akan diketahui produktivitas penggunaan WPS Panasonic pada peternakan, sejauh mana kemampuannya untuk meningkatkan kualitas air dan mencegah kontaminasi bakteri, sehingga kualitas dan keamanan produk ternak lebih baik. Hasil penelitian diharapkan akan memberikan informasi aplikasi sistem WPS Panasonic kepada petani/peternak sebagai peralatan pemurni air terbaik dengan dibuktikan dengan pengujian yang dilakukan di peternakan ayam pedaging dan ayam petelur. (Femmy/Rz)