Di Hadapan Para Kepala Kantor Cabang Kelas Utama BPJS, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Nilai Penting Penguatan Karakter Pemimpin

Di Hadapan Para Kepala Kantor Cabang Kelas Utama BPJS, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Nilai Penting Penguatan Karakter Pemimpin

Di Hadapan Para Kepala Kantor Cabang Kelas Utama BPJS, Rektor IPB University Sampaikan Tiga Nilai Penting Penguatan Karakter Pemimpin
Berita

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Bogor telah menyelenggarakan “Program Penguatan Karakter Kepemimpinan Kepala Kantor Cabang Kelas Utama Tahun 2024”. Program ini berkolaborasi dengan Lembaga Kepemimpinan dan Pendidikan Eksekutif (LKPE) IPB University, dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan strategis dan inovatif bagi para kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Rangkaian Program Penguatan Karakter Kepemimpinan Kepala Kantor Cabang dimulai dari tahap self pace learning 27-31/5, in class training 3-4/6, group coaching and mentoring 10/6 – 5/7, dan diakhiri dengan program evaluation and report pada 25/7. Kegiatan ini diikuti oleh 31 orang kepala kantor cabang dari seluruh Indonesia.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria, hadir membuka program in-class training ini melalui penyampaian materi berjudul “Pemimpin Sebagai Penggerak Inovasi”. Dalam sesi ini Prof. Arif menyampaikan tiga poin penting tentang kepemimpinan dan inovasi antara lain understanding strategic innovation, process and methodologies, creativity and ideation leadership and culture for innovation.

Prof Arif menguraikan pentingnya pemahaman mendalam tentang inovasi strategis, termasuk proses dan metodologi yang dapat digunakan untuk menghadapi era disrupsi global sekaligus menciptakan perubahan positif dalam organisasi. “Inovasi tidak hanya tentang ide-ide baru, tetapi juga tentang kegunaan ide tersebut, serta implementasi strategi yang efektif,” ujarnya

Ia juga mengajak para peserta untuk berpikir out-of-the-box dan mencari solusi kreatif untuk tantangan yang dihadapi dalam dunia kerja. “Kreativitas adalah kunci untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Kepemimpinan yang kuat dan budaya organisasi yang mendukung sangat penting untuk memfasilitasi inovasi,” tuturnya.

Prof Arif juga membagikan pengalamannya menjadi pemimpin di IPB University sebagai kampus terkemuka yang inovatif dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendorong kreativitas, kolaborasi dan inovasi.

“Program Penguatan Karakter Kepemimpinan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi para kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dalam menjalankan tugasnya dan menjadikan para peserta akan lebih siap menghadapi tantangan dan memimpin organisasi menuju masa depan yang lebih inovatif dan berdaya saing tinggi,” tutupnya. (*/Lp)