Departemen AGH IPB University Gelar Pelatihan Genetics Purity in Maize

Departemen AGH IPB University Gelar Pelatihan Genetics Purity in Maize

Departemen AGH IPB University Gelar Pelatihan Genetics Purity in Maize
Berita

Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University mengadakan Pelatihan Genetics Purity in Maize bekerja sama dengan PT Restu Agropro Jayamas. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemurnian genetik dari jagung hasil persilangan dengan menggunakan marka molekuler mikrosatelit.

Pelatihan dilaksanakan oleh Dr Deden Derajat Matra beserta dua mahasiswa, Muh Agust Nur Fathoni dan Sri Rahmadani Putri di Laboratorium Inovasi Hortikultura, Departemen AGH, Kampus IPB Dramaga.

Pelatihan ini melibatkan dosen Departemen AGH IPB University yang terlibat dalam penelitian jagung, yaitu Dr Willy Bayuardi Suwarno yang memberikan informasi terkini terkait penggunaan marka molekuler, serta Dr Arya Widura Ritonga yang menyampaikan teknik pemuliaan jagung khususnya pada jagung manis.

Selain itu, informasi mengenai deteksi penyakit terbawa benih disampaikan oleh Dr Sari Nurulita dari Departemen Proteksi Tanaman. Dalam pengelolaan laboratorium yang tersertifikasi, khususnya laboratorium molekuler, Chandra Budiman, SP, MSi menyampaikan sertifikasi laboratorium uji yang telah dilakukan oleh Departemen AGH IPB University.

Pelatihan ini diikuti oleh lima orang staf peneliti dari PT Restu Agropro Jayamas. Para peserta diberikan informasi mulai dari keamanan dan penggunaan peralatan dalam mendukung penelitian molekuler.

Dr Deden mengatakan, pelatihan ini meliputi penyiapan sampel jagung dari embrio dan biji yang telah dikecambahkan. DNA kemudian diekstraksi untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas yang diperlukan.

“Setelah terkonfirmasi, DNA kemudian diamplifikasi pada mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan primer khusus mikrosatelit yang telah diterbitkan dalam dokumen International Seed Testing Association (ISTA). Kemudian, divisualisasi dalam gel elektroforesis,” jelasnya.

Para peserta pelatihan juga berkesempatan mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di Departemen AGH IPB University, salah satunya laboratorium pengujian. Mereka juga berkunjung ke Laboratorium Riset Unggulan (ARLab) yang merupakan laboratorium sentral IPB University yang menyediakan analisis dan tempat riset yang mendukung dalam penelitian berskala internasional. (*/Rz)