CIBEST IPB University Gelar Konferensi Internasional Islamic Economics for Agromaritime Development

CIBEST IPB University Gelar Konferensi Internasional Islamic Economics for Agromaritime Development

CIBEST IPB University Gelar Konferensi Internasional Islamic Economics for Agromaritime Development
Berita

Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah atau Center for Islamic Business and Economics Studies (CIBEST) IPB University berkolaborasi dengan Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen mengadakan kegiatan International Conference: ‘Islamic Economics for Agromaritime Development’. Kegiatan tersebut dihadiri oleh lebih dari 130 peserta dari berbagai afiliasi baik dari dalam maupun luar negeri.

Wakil Rektor IPB University bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim, Prof Ernan Rustiadi menyampaikan tentang pentingnya pengembangan sektor agromaritim di Indonesia. Hal tersebut berlandaskan pada fakta bahwa Indonesia yang merupakan negara kepulauan, terkenal dengan potensi pertanian dan kekayaan sumber daya lautnya.

“Untuk mencapai tujuan agromaritim diperlukan pendekatan yang konstruktif. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah melalui penerapan prinsip ekonomi syariah. Prinsip ekonomi syariah mempunyai kesesuaian yang tinggi dalam mendukung pengembangan agromaritim, seperti nilai keadilan, pemerataan dan keseimbangan dalam kepemilikan aset, serta prinsip amanah dan akuntabilitas,” urainya.

IPB University, lanjut dia, dalam hal ini sudah banyak merintis pengembangan ekonomi syariah dalam mendukung pembangunan agromaritim dalam kerangka tridharma perguruan tinggi, seperti dibentuknya Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, CIBEST dan Badan Pengelola Bisnis, Investasi dan Wakaf (BP Biswaf) serta Halal Center.

Acara dilanjutkan dengan Keynote Speech yang disampaikan oleh Prof Ts Dr Mira Kartiwi, yang berasal dari International Islamic University Malaysia (IIUM).

Selanjutnya, rangkaian acara berlanjut dengan parallel session. Sepuluh artikel terbaik yang lolos seleksi dipresentasikan dan dibahas oleh reviewer. Rencananya, sepuluh artikel ini akan dipublikasikan dalam Jurnal Nasional terakreditasi Sinta 2 “Al Muzara’ah” yang dalam momen ini sedang proses untuk menjadi Jurnal Internasional Bereputasi yang terindeks Scopus.

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya IPB University dalam meningkatkan reputasi ilmiah melalui publikasi dan kolaborasi multidisiplin dengan berbagai universitas nasional maupun internasional. Hal ini terbukti dengan beragamnya latar belakang penulis yang ikut dalam konferensi ini. Antara lain dari University of Washington, International Islamic University Malaysia, Sakarya University, University of Glasgow, Universiti Brunei Darussalam, Universitat Jaume, dan sejumlah perguruan tinggi nasional.

Tidak hanya itu, terdapat peserta yang berasal dari berbagai institusi seperti Smart Consulting Indonesia, RNM Consulting, BAZNAS RI, Kuwait Finance House, dan African Development Bank.

Rangkaian acara konferensi internasional ini juga akan dilanjutkan dengan Call for Prosiding Paper yang dipresentasikan pada tanggal 25 Juni 2024 yang melibatkan lebih dari 100 penulis dari berbagai universitas. (*/Rz)