Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi E-Beasiswa LPDP

Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi E-Beasiswa LPDP

Awardee LPDP Sekolah Pascasarjana IPB University Adakan Sosialisasi E-Beasiswa LPDP
Berita

Awardee Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University atau yang biasa disebut Kelurahan LPDP IPB 11.0 mengadakan kegiatan Sosialisasi E-Beasiswa kepada penerima beasiswa LPDP tahun 2024 yang telah lulus seleksi substansi. Kegiatan ini dilakukan secara daring (15/6) diikuti oleh calon awardee LPDP SPs IPB University program magister dan doktor, baik yang sudah maupun belum mendapatkan Letter of Acceptance (LoA).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Divisi Sahabat Awardee Kelurahan LPDP IPB 11.0 yaitu Anak Agung Eka Andiani, S.Si dan Handika Dwi Prasetyo, S.Si. Materi yang disampaikan meliputi alur administrasi setelah lulus seleksi substansi, sosialisasi pedoman calon penerima beasiswa, sosialisasi penggunaan E-Beasiswa LPDP, serta alur pendaftaran calon mahasiswa baru di SPs IPB University.

Wawan, S.Ak Ketua Koordinator Kelurahan LPDP IPB 11.0 dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada awardee LPDP yang baru diterima. “Harapan kami melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan insight kepada para awardee LPDP yang baru diterima terkait panduan dari LPDP dan juga informasi penting di SPs IPB University,” ujarnya.

Anak Agung Eka Andiani menyampaikan beberapa tahapan setelah mahasiswa dinyatakan lolos seleksi substansi LPDP yaitu pencarian LoA unconditional, pendaftaran persiapan keberangkatan LPDP, pengajuan surat pernyataan (SP), pengajuan surat keputusan (SK), dan pengajuan Letter of Guarantee (LoG).

“Sementara khusus untuk awardee LPDP melalui jalur afirmasi, sebelum mencari LoA diwajibkan untuk mengikuti Pengayaan Bahasa (PB) terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain pengajuan administrasi untuk memperoleh LoG, disampaikan juga tahapan dalam pengajuan pencairan dana beasiswa serta persyaratan apa saja yang diperlukan.

“Kami mengingatkan kembali untuk teman-teman awardee LPDP baru yang telah memiliki LoG segera mengirimkan melalui link yang telah disediakan Kelurahan LPDP IPB 11.0. Data tersebut akan diberikan untuk disinkronkan dengan SPs IPB University,” tambahnya.

Sementara itu, Handika Dwi Prasetyo, S.Si menyampaikan alur pendaftaran mahasiswa baru di SPs IPB University. “Terdapat tiga alur administrasi yang perlu diperhatikan para awardee LPDP, yaitu jadwal pendaftaran tahap 2 dari tanggal 2 Mei sampai 16 Juli 2024, registrasi online serta pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) tanggal 29 Juli sampai 2 Agustus 2024,” jelasnya.

“Terkait persyaratan pendaftaran di SPs IPB University, teman-teman dapat mengecek langsung di laman admisi.ipb.ac.id, dan apabila sudah diterima dapat melengkapi biodata di laman registrasi.admisi.ipb.ac.id,” imbuhnya.

Ia menjelaskan untuk proses verifikasi berkas hanya ditujukan untuk calon mahasiswa tertentu, dalam rangka membuktikan bahwa dokumen yang diunggah sudah sesuai, sedangkan untuk yang akan mengajukan penundaan perkuliahan dapat mengajukan melalui link ipb.link/penundaan-gasal24.

“Penundaan perkuliahan hanya berlaku maksimal satu tahun (dua semester) dan hanya diperkenankan mengajukan satu kali penundaan. Oleh karena itu, teman-teman perlu memperhatikan apakah program studi pilihannya dibuka di setiap semesternya atau tidak,” ujarnya. (HBL/Lp)