SPs IPB University Adakan Sosialisasi Peraturan dan Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Tahun 2024

SPs IPB University Adakan Sosialisasi Peraturan dan Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Tahun 2024

SPs IPB University Adakan Sosialisasi Peraturan dan Pelaksanaan Seminar Hasil Penelitian Mahasiswa Tahun 2024
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengadakan sosialisasi peraturan dan pelaksanaan seminar hasil penelitian mahasiswa semester genap tahun akademik 2023/2024. Sosialisasi dilakukan secara luring di SPs IPB University (24/4), diikuti 563 mahasiswa program magister dan doktor, serta 24 dosen seminar hasil sebagai pemateri.

Prof Agus Buono, Wakil Dekan SPs IPB University bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan, sosialisasi ini selalu diadakan setiap semester. Tujuannya agar mahasiswa dapat belajar serta terampil dalam menyampaikan hasil penelitiannya baik secara lisan maupun tulisan.

“Sosialisasi peraturan dan pelaksanaan seminar hasil ini diwajibkan untuk semua mahasiswa aktif. Diharapkan mahasiswa dapat memahami ketentuan yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan seminar hasil penelitian,” ujarnya dalam keterangan terpisah.

Ia menambahkan, ada lima kelompok keilmuan dalam pelaksanaan seminar hasil di SPs IPB University. Kelima kelompok tersebut yaitu ilmu tumbuhan atau tanaman; ilmu hewan dan kesehatan; ilmu keteknikan, teknologi informasi dan perencanaan; ilmu sosial humaniora; dan ilmu ekonomi, manajemen, bisnis dan kebijakan.

“Kegiatan seminar hasil penelitian nantinya akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menampung masukan dari forum akademik untuk perbaikan laporan hasil penelitiannya, baik tesis untuk program magister maupun disertasi untuk program doktor sebelum melaksanakan ujian akhir,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Nur Sulianti Suci Pertiwi, SP selaku Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan SPs IPB University menjelaskan, penulisan makalah seminar hasil merupakan intisari seluruh atau sebagian dari tesis atau disertasi mahasiswa.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, makalah seminar ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa Inggris. Penyusunan makalah dibuat sesuai dengan format penulisan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI) tugas akhir mahasiswa yang sudah diterbitkan oleh IPB University.

“Kriteria penilaian seminar hasil, yaitu terkait dengan kualitas makalah seminar yang meliputi format penulisan makalah. Selain itu kinerja mahasiswa selama seminar berlangsung juga dinilai yang meliputi kualitas penyajian makalah dan kualitas jawaban pemrasaran terhadap pertanyaan dari peserta seminar hasil,” imbuhnya. (HBL/Rz)