Sekolah Pascasarjana IPB University Terima Kunjungan Prodi MM USU, Bahas Program Double Degree

Sekolah Pascasarjana IPB University Terima Kunjungan Prodi MM USU, Bahas Program Double Degree

Sekolah Pascasarjana IPB University Terima Kunjungan Prodi MM USU, Bahas Program Double Degree
Berita

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University menerima kunjungan dari delegasi Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM) Universitas Sumatera Utara (USU) di Gedung SPs, Kampus IPB Dramaga (22/5). Kunjungan tersebut untuk membahas terkait program Double Degree (DD) serta pengelolaan akademik pascasarjana di SPs IPB University.

Hadir dalam kegiatan ini dari SPs IPB University, Prof Titi Candra Sunarti (Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan), Rudi Irawan SP, MSi (Kepala Tata Usaha), Fatmasari Siregar, MM (Kepala Sub Bagian Humas, Kerjasama dan Penerimaan Mahasiswa Baru), Nur Sulianti Suci Pertiwi, SP (Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kemahasiswaan), Zukhri ALSA Siregar, MM (Kepala Sub Bagian Keuangan Kepegawaian dan Umum). Perwakilan dari MM USU yakni Prof Meilita Tryana Sembiring (Ketua Prodi MM) dan Dr Dini Wahyuni (Dosen MM USU).

Prof Titi Candra Sunarti menyampaikan bahwa saat ini SPs IPB University memiliki 56 prodi magister dan 43 prodi doktor serta mengelola Program Profesi Insinyur (PPI) yang menawarkan tujuh bidang keinsinyuran. Selain itu, SPs IPB University memiliki beberapa program internasional seperti credit earning, summer course, DD, joint degree dan lainnya.

“Ada beberapa program DD yang didanai dari instansi, seperti Kementerian Perindustrian, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), maupun pembiayaan dari Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),” ujarnya.

Prof Titi Candra menambahkan, saat ini untuk pengelolaan program monodisiplin dan oligodisiplin dilakukan oleh fakultas masing-masing, sedangkan untuk program multidisiplin dikelola oleh SPs IPB University.

“Prodi multidisiplin yang dikelola SPs IPB University ada enam, yaitu Prodi Logistik Agromaritim (LOG), Pengembangan Industri Kecil Menengah (MPI), Primatologi (PRM), Bioteknologi (BTK), Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) dan Program Profesi Insinyur (PPI),” ujarnya.

Sementara itu, Prof Meilita Tryana Sembiring menyampaikan bahwa tujuan melakukan kunjungan ke SPs IPB University dalam rangka untuk melaksanakan salah satu program Prodi MM yaitu program DD, khususnya terkait pengelolaan dan komponen serta pembiayaan program DD.

“Kami ingin belajar dengan SPs IPB University yang sudah memiliki program DD, agar bisa kami bisa jalankan program DD dengan benar dan juga ketentuan akademiknya,” tambahnya. (HBL/Rz)